Sukses

Babak Final Kita Cinta Lagu Anak (KILA) Telah Digelar, Siapa Juaranya?

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar kontes Kita Cinta Lagu Anak (KILA) yang diikuti oleh ratusan anak.

Liputan6.com, Jakarta - Industri musik belakangan ini memang telah berkembang dengan begitu cepat. Namun sayangnya, lagu untuk anak-anak tidak bisa mengikuti perkembangan semasif lagu-lagu dewasa dan lagu percintaan.

Berangkat dari situ, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pun menggelar Kita Cinta Lagu Anak (KILA) yang diikuti oleh ratusan anak. Dan pada Minggu (26/6/2022), KILA memasuki babak final.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid mengatakan, kontes KILA diharapkan bisa membangkitkan ekosistem musik anak Indonesia. Karena, dalam dua dekade terakhir, anak-anak seolah jauh dari musik yang seusianya.

"Ini janji dan upaya pemerintah menjangkau anak-anak dengan musik anak-anak," kata Hilmar Farid dalam sambutan secara daring. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

50 Peserta

Koordinator Pokja Apresiasi dan Literasi Musik Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Edi Irawan menjelaskan pihaknya telah menyosialisasikan kontes KILA sejak awal tahun di sejumlah daerah. Dari sosialiasi itu ada 400-an peserta yang mengikuti audisi hingga 30 Mei 2022.

Dari jumlah tersebut kemudian diseleksi hingga mengikuti babak final. Ada 50 peserta dari berbagai daerah yang lolos final yang digelar di D'Mall Depok, Sabtu (25/6/2022).

 

3 dari 4 halaman

Babak Final

Mereka memperebutkan juara satu, dua dan tiga. Serta juara harapan satu, dua dan tiga.

"Dari 400-an itu terpilih 50 besar yang sekarang mengikuti babak final di D'Mall Depok," kata Edi.

 

4 dari 4 halaman

Pengumuman 30 Juni

Adapun 50 besar itu dibagi menjadi dua kategori. Yakni, 25 orang di kategori usia 5-7 tahun dan 25 orang di kategori usia 8-13 tahun. Para peserta tidak hanya mengikuti babak final secara fisik di D'Mall Depok. Sebagiannya mengikuti melalui daring, terutama yang berada di luar kota.

Dari babak final ini, para dewan juri yang berjumlah tiga orang akan memutuskan para pemenangnya. Dan, pengumuman pemenang bisa dilihat di situs resmi KILA 30 Juni mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.