Review Moonshine, Cerita Romantis Yoo Seung Ho dan Hyeri dalam Drama Bertema Saeguk

Oleh Isyhari Maheswar pada 27 Jun 2022, 17:20 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 17:20 WIB
Review Drama Korea Moonshine
Perbesar
Drama Korea Moonshine bisa disaksikan di aplikasi Vidio. (Dok. Vidio)

Liputan6.com, Jakarta Membahas drama Korea bertema kolosal memang tidak ada habisnya. Drakor yang satu ini memang menjadi salah satu yang digemari oleh para penonton karena kental dengan unsur budaya dan sejarah. 

Meskipun begitu, tidak semua latar waktu yang diambil berasal dari peristiwa masa lalu yang nyata. Tetap saja banyak kisah fiktif yang menjadi inti cerita utamanya. Selain Empress Ki yang terkenal dengan cerita kolosalnya, drama dengan genre Saeguk yang baru saja tamat pada awal tahun ini adalah Moonshine.

Di negara asalnya, drakor ini tayang di kanal KBS2. Moonshine memasangkan aktor Yoo Seung Ho dan aktris cantik Hyeri. Selain itu, banyak artis pendukung lainnya yang turut meramaikan jalannya cerita seperti Byeon Woo Seok, Kang Mi Na, Choi Won Young, hingga Jang Gwang.

Tayang perdana sejak 20 Desember 2021, drama Korea Moonshine sudah tamat dengan total 16 episode pada 22 Februari 2022 lalu. Anda yang baru saja akan menonton drama ini, simak sedikit review seputar Moonshine berikut ini.


Cerita Cinta, Komedi dan Perjuangan

Moonshine mengusung tema drama romantis dan saeguk. Dengan menggunakan latar waktu di masa lalu, tepatnya Era Joseon, cerita cinta antara karakter Nam Young (Yoo Seung Ho) dan Kang Ro Seo (Hyeri) tidak berjalan dengan mulus dan penuh dramatis. 

Justru sebaliknya, kisah romansa antara keduanya dibungkus dengan adegan komedi yang sudah bisa ditemukan sejak episode perdana. Unsur komedi yang ditampilkan tidak hanya dari adegan, tapi juga dialog yang diungkapkan oleh pemainnya. 

Cerita tentang perjuangan seorang perempuan pun juga tidak luput dari drama yang disutradarai oleh Hwang In Hyuk ini. Penggambaran ini direpresentasikan oleh karakter Ro Seo (Hyeri) yang dikenal tak gentar melawan rintangan yang ada demi bisa mencari nafkah. 

Karakter Ro Seo juga tidak segan menampilkan sisi maskulinnya ketika dirinya dihadapkan dengan pelecehan kaum perempuan. Ia tak segan memberikan perlawanan meskipun dirinya tidak dibekali dengan senjata atau bantuan apapun.


Sejarah dengan Sentuhan Fiksi

Sejak awal episode Moonshine, penonton sudah melihat unsur budaya yang hadir dalam drama yang terkenal dengan nama lain When The Flowers Bloom, I Think of the Moon ini. Latar waktu yang digunakan oleh drakor Moonshine adalah era kerajaan Joseon. 

Bukan hanya terlihat dari pakaian yang digunakan saja, Era Joseon begitu kental digambarkan melalui kegiatan jual dan beli di lingkungan masyarakat. Hal menarik lainnya adalah, penyebutan nama Ibukota Korea Selatan dalam serial drama ini adalah Hanyang, jauh sebelum berubah menjadi Seoul.

Gambaran sejarah lainnya dalam drama Korea ini adalah adanya peraturan seputar pelarangan penjualan minuman beralkohol pada Era Joseon. Semua masyarakat yang terlibat dalam pembuatan, penjualan, hingga pembelian minuman keras ini akan diancam dengan hukuman yang sudah ditetapkan oleh kerajaan.

Di sisi lain, walaupun beberapa adegan memiliki unsur sejarah, Moonshine tetap dibungkus dengan kisah romantis fiktif yang siap membuat penonton tersenyum melihat chemstry antara Hyeri dan Yoo Seung Ho.


Nonton Moonshine Episode Lengkap di Vidio

Drama Korea Moonshine
Perbesar
Drama Korea Moonshine (2021). (Dok. Vidio)

Bagi Anda yang belum sempat menonton mereka, bisa langsung menyaksikannya melalui aplikasi Vidio atau mengunjungi tautan berikut ini, nonton Moonshine sub indo. Untuk tiga episode pertama, drakor ini bisa disaksikan secara gratis.

Untuk selanjutnya, penonton hanya perlu berlangganan Vidio Platinum yang bisa didapatkan dengan harga mulai dari 15 ribu untuk akses 30 hari. Nonton drama Korea romantis hingga serial dari berbagai negara lainnya dengan banyak pilihan genre. Ayo download aplikasi Vidio sekarang juga!

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya