Cerita Frans Tumbuan Menerobos Bandara Demi Bisa Bertemu Rima Melati di Inggris, Mirip Adegan Ada Apa dengan Cinta

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 24 Jun 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 17:00 WIB
[Bintang] Frans Tumbuan dan Rima Melati
Perbesar
Foto Frans Tumbuan dan Rima Melati hasil jepretan Jerry Aurum (Instagram @jerryaurum)

Liputan6.com, Jakarta Meninggalnya Rima Melati untuk selamanya di usia 84 tahun pada Kamis (23/6/2022) menimbulkan duka mendalam bagi keluarga, sahabat, dan sebagian besar masyarakat. Kepergian sang aktris menyusul sang suami, Frans Tumbuan yang terlebih dahulu berpulang pada 23 Maret 2015 silam.

Bila dikenang kembali, ada satu momen tak terlupakan yang sempat terjadi di antara Frans Tumbuan dan Rima Melati semasa hidupnya. Momen itu mengingatkan banyak orang terhadap adegan Rangga dan Cinta dari film Ada Apa dengan Cinta.

Kisah yang terjadi pada awal hubungan asmara Frans dan Rima ini, sempat diceritakan kepada wartawan oleh anak kelima Frans dan Rima Melati yang bernama Keke Tumbuan di rumah duka RS St. Carolus, Salemba, Jakarta Pusat, pada 24 Maret 2015, sehari setelah ayahnya meninggal dunia.

Rima Melati saat itu sedang berada di Inggris, membuat keinginan Frans untuk bertemu langsung tak dapat dibendung. Namun sayangnya, rencana Frans itu sempat terbentur oleh izin visa yang tak kunjung diterbitkan oleh Pemerintah Inggris.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Nekat Menerobos

[Bintang] Frans Tumbuan Tutup Usia
Perbesar
Aktor Frans Tumbuan kembali keharibaan Sang Pencipta. Kabar duka wafatnya bintang film legendaris itu kami dapat dari Tio Pakusodewo. Foto: Nyata

Lantaran rasa cinta sudah tak terbendung, Frans Tumbuan pun memutar otak sampai akhirnya ia memutuskan untuk segera pergi ke bandara. Meskipun tanpa visa dan mendapat penolakan dari petugas imigrasi, Frans tetap nekat menerobos masuk.

Keinginan kuatnya ke Inggris pun menarik perhatian para penumpang lain yang mengantre di belakang Frans. Mereka justru mendesak petugas imigrasi agar mengizinkan sang aktor terbang bertemu Rima Melati.

"Waktu mau ke Inggris papa enggak ada visa. Tapi akhirnya diizinkan masuk karena di belakangnya penumpang lain berteriak 'Sudah, biarkan saja dia masuk. Because he is love, he is love'," ungkap Keke Tumbuan kala itu.


Cinta yang Sangat Kuat

Frans Tumbuan
Perbesar
Indonesia kembali kehilangan selebriti senior Frans Tumbuan, wafat 22 Maret 2015, pukul 00.23 Wib

Keke pun menegaskan bahwa sang ayah secara berani menerobos pihak imigrasi lantaran rasa cintanya yang sangat kuat kepada ibunya.

Kisah ini pun membuat kita menyadari bahwa cinta sejati itu memang benar adanya. Terlebih lagi, Frans dan Rima Melati sama-sama meninggal dunia pada tanggal 23.

"Ya, papa nekat ke sana karena cinta. Karena mungkin papa sudah sadar dan yakin kalau itu cintanya," tutur Keke.

Diketahui, Frans Tumbuan kala itu hendak menyatakan cintanya kepada Rima Melati. Akhirnya, ia diizinkan ke Inggris dan pernyataan cintanya pun diterima.


Meninggalnya Rima Melati

Aktris senior Rima Melati mengembuskan napas terakhirnya di usia 84 tahun, Kamis (23/6/2022) sekitar pukul 15.14 WIB. Sebelum meninggal dunia, Rima Melati menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta Pusat akibat Dekubitus.

Saat ini, jenazah pemilik nama asli Marjolien Tambajong disemayamkan di Rumah Duka RSPAD ruang Kamboja. Rencananya, jenazah Rima Melati akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada Minggu, 26 Juni 2022.

Sebelum dimakamkan, akan ada prosesi ibadah yang akan digelar di rumah duka sebelum pemakaman, menunggu anggota keluarga yang saat ini masih berada di luar negeri.

"Pemakamannya masih menunggu keluarga dari Jerman mencari tiket untuk pulang, karena dimakamkannya Minggu di Tanah Kusir, untuk jamnya, ntar mohon bersabar," ujar Aditya Tumbuan anak Rima Melati kepada wartawan di Rumah Duka RSPAD ruang Kamboja, Kamis (23/6/2022) malam, mengutip kanal YouTube Intens Investigasi.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya