BTS Diminta Ketua Asosiasi Penyanyi Korea untuk Tak Hiatus, ARMY Geram

Oleh Ratnaning Asih pada 23 Jun 2022, 11:40 WIB
Diperbarui 23 Jun 2022, 11:40 WIB
BTS. (Instagram/ bts_bighit)
Perbesar
Ketua Asosiasi Penyanyi Korea meramal bila BTS hiatus, Hallyu Wave bakal terancam. (Instagram/ bts_bighit)

Liputan6.com, Seoul - HYBE sudah memberi pernyataan resmi bahwa para anggota BTS akan lebih fokus dalam kegiatan solo, tapi tak hiatus sebagai grup. Namun tetap saja omongan soal hiatus ini mengemuka, yang terbaru datang dari Lee Ja Yeon, Ketua Asosiasi Penyanyi Korea.

Dilansir dari Allkpop, Kamis (23/6/2022), pada Rabu kemarin asosiasi tersebut merilis siaran pers resmi berisi pesan untuk Jungkook dkk. Isinya, permintaan agar superstar K-Pop ini tak hiatus.

“Saya diliputi ketakutan dan kekhawatiran bahwa ‘Hallyu Wave dari BTS', sebuah gerakan yang memiliki soft-power terbesar yang pernah disaksikan dunia, akan segera lenyap,” begitu awal mula pernyataan ini.

Lebih “horor” lagi, diramalkan bahwa Hallyu Wave bakal padam. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Detak Jantung Hallyu

BTS. (Twitter/ bts_bighit)
Perbesar
BTS. (Twitter/ bts_bighit)

Menurutnya, akan sulit untuk menemukan bintang K-Pop dengan kesuksesan sebesar BTS. 

“Pada tahun-tahun menjelang kelahiran gerakan ini, kami percaya bahwa menemukan 'Next Beatles' adalah sesuatu yang sangat sulit. Dan sekarang, kami telah sampai pada titik di mana sulit untuk berharap ‘BTS yang selanjutnya' akan muncul dalam waktu dekat. Karena itu, ada kekhawatiran detak jantung Hallyu akan berhenti.”

Ia meneruskan, bahwa jika BTS pergi, para duta Hallyu dan budaya Korea, ARMY, juga pergi.


ARMY Marah

BTS di Sidang PBB
Perbesar
Boyband Korea Selatan, Bangtan Sonyeondan (BTS). (AP/Craig Ruttle)

Rupanya pernyataan ini bikin ARMY, atau sebutan bagi para penggemar BTS, tak terima. Pernyataan ini dianggap tak patut dikeluarkan, dan tak menghormati keinginan para personel BTS. 

"Mengapa dia memublikasikan pernyataan resmi meminta BTS untuk tidak istirahat? Dia hanya memperlakukan mereka sebagai produk, bukan sebagai manusia," kata seorang warganet Korea. 

"Dia kelewatan," kata yang lain. 

Di Twitter, tagar #BTSItsOkayToRest juga memenuhi linimasa, sehingga masuk trending topic. ARMY menyuarakan bahwa BTS berhak untuk beristirahat.


Butuh Waktu Sendiri

Para anggota BTS sendiri sudah mengungkapkan keinginan untuk fokus pada diri sendiri. Baik untuk proyek solo maupun beristirahat. 

"Dulu, aku cukup bisa seimbang dalam mengerjakan musikku sendiri dengan aktivitas grup, tapi sekarang aku tidak bisa melakukannya pada saat yang bersamaan. Aku tak bisa melakukan aktivitas grup dan kemudian fokus pada pekerjaanku sendiri hanya dengan menekan tombol saja. Aku menyadari bahwa aku benar-benar butuh waktu untuk diri sendiri," kata RM dalam video yang dirilis untuk ultah BTS pertengahan Juni ini.

"Aku sudah sering mengatakan ini kepada para member, tapi kurasa kita perlu meluangkan waktu secara sendiri-sendiri, untuk belajar bagaimana saat bersatu lagi. Kurasa masa ini sangat penting, jadi kuharap Anda tidak melihat ini hanya dari sisi negatifnya saja," J-Hope menambahkan. 

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya