Sukses

Endrinayla Rafa Amanda Ajari Bahasa Inggris Gratis untuk Anak-Anak di Pulau Kelapa

Endrinayla Rafa Amanda merupakan finalis Gadis Sampul 2019 yang gemar melakukan aksi sosial.

Liputan6.com, Jakarta Endrinayla Rafa Amanda kembali melakukan aksi sosial dengan mengajar bahasa Inggris gratis untuk anak-anak tidak mampu. Kali ini, finalis Gadis Sampul 2019 ini menyambangi Pulau Kelapa yang terletak di Kepulauan Seribu.

Dara yang karib disapa Amanda ini menyambangi Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Falah di Kelurahan Pulau Kelapa. Disana, ia berjumpa dengan anak-anak setara tingkat Sekolah Dasar (SD). Ada sekitar 15 hingga 20 anak yang diajari Amanda bahasa Inggris gratis.

"Saya terharu ketika mengajar bahasa Inggris disini karena ternyata ada anak-anak yang mengaku belum pernah belajar Bahasa Inggris sama sekali," kata Amanda kepada pewarta di Jakarta, Senin, 20 Juni 2022. Amanda datang ke Pulau Kelapa bersama komunitas Generaction Project.

Ia juga menyempatkan untuk berbincang dengan anak-anak tersebut mengenai pelajaran bahasa Inggris yang mereka dapatkan di bangku sekolah. Meski ada yang belum pernah belajar sama sekali, Amanda bisa sedikit bernapas lega karena anak-anak lainnya ada yang sudah paham dan mengerti bahasa Inggris.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terbatas

"Ada sebagian pernah belajar bahasa Inggris namun masih jarang dan terbatas," kata Amanda. Tak jarang, saat metode pelatihan bahasa Inggris diberikan, Amanda melihat gurat wajah penuh semangat dari anak-anak tersebut.

"Mereka semangat sekali untuk belajar bahasa Inggris, agar semakin percaya diri dan menumbuhkan minat belajar bahasa Inggris di Pulau Kelapa, tentu saya dan teman-teman sangat antusias mengajari mereka," Amanda menjelaskan.

Ada fakta mengejutkan yang ditemukan Amanda selama berada di Pulau Kelapa. "Di sekolah non formal seperti madrasah di Pulau Kelapa, ternyata belum memiliki mata pelajaran bahasa Inggris," Amanda membeberkan.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Menyeberangi Laut

Amanda mengatakan, tak mudah untuk bisa menyambangi Pulau Kelapa yang berada di wilayah Kepulauan Seribu. Ia harus menempuh perjalanan panjang hingga menaiki speedboat menyeberangi laut.

 

"Tantangan itu terbayar ketika aku dan tim Generaction Project sampai di Pulau Kelapa. Dan aku bisa mengajar karena bekerja sama dengan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) wilayah Pulau Kelapa dengan Bapak Safaatul Anam, Kepala Wilayah Kelompok Sadar Wisata di Pulau Kelapa," kata dia.

"Pertemuan dengan anak-anak juga dihadiri oleh Kepala Sekolah Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Falah, Bapak Haji Muntawa Muchtar, beberapa wakil guru sekolah serta orang tua murid," Amanda memaparkan.

 

4 dari 4 halaman

Bertemu Warga Lokal

Selain mengajar secara gratis, Amanda juga berwisata ke berbagai pulau di Kepulauan Seribu sekaligus belajar budaya dan bertemu dengan masyarakat lokal.

Amanda ikut mencoba jajanan khas Kepulauan Seribu yaitu Stik Cumi yang tersedia di Pulau Kelapa Dua yang dikenal juga dengan Kampung Bugis dan juga aneka seafood segar.

Amanda juga mengunjungi tempat penanaman mangrove serta penangkaran penyu. "Semoga setelah anak-anak disini belajar mengenal bahasa Inggris yang praktis dan simple, aku berharap itu menjadi bekal bagi mereka di masa datang," harap Amanda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.