Jurassic World Dominion Sukses Mencaplok Lightyear di Box Office Meski Dinilai Kalah Bagus

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 20 Jun 2022, 11:20 WIB
Diperbarui 20 Jun 2022, 11:20 WIB
Jurassic World: Dominion
Perbesar
Jurassic World Dominion, film petualangan sci-fi Amerika yang disutradarai oleh Colin Trevorrow. (Universal)

Liputan6.com, Jakarta - Jurassic World Dominion sukses menjadi jawara di box office dengan mencaplok pendapatan atas film terbaru garapan Disney dan Pixar, Lightyear. Sepanjang akhir pekan perdananya, performa Lightyear dianggap kalah bagus dari film ketiga Jurassic World itu dalam peraihan tiket akhir pekan perdana.

Kabar yang disiarkan Deadline (melalui cbr.com) pada akhir pekan kemarin, menyebutkan bahwa Lightyear hanya diprediksi bisa menghasilkan kisaran US$51 juta (Rp756,3 miliar) hingga US$55 juta (Rp815,6 miliar) selama tiga hari pertama di awal penayangannya di bioskop.

Sebaliknya, Jurassic World Dominion yang sudah memasuki masa tayang minggu kedua di bioskop, masih menduduki posisi puncak di box office akhir pekan dengan penghasilan sedikitnya US$57 juta (Rp 845,3 miliar) selama tiga hari kemarin.

Padahal, Lightyear yang jauh lebih unggul dalam hal rating ulasan (skor), sempat diprediksi meraih pendapatan antara US$70 juta dan US$85 juta sepanjang akhir pekan pertamanya. Namun, film ini hanya meraih angka sebanyak-banyaknya US$55 juta seperti disampaikan di atas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Nilai Film

Lightyear. (Disney/ Pixar)
Perbesar
Poster Lightyear. (Disney/ Pixar)

Mengintip skor untuk nilai film dari para pengamat berdasarkan data Rotten Tomatoes, Lightyear lebih unggul dengan skor positif 77 persen dari 230 ulasan. Di luar isu LGBT yang membuat sejumlah negara termasuk Indonesia tak menayangkannya.

Sementara itu, Jurassic World Dominion hanya mendapat skor positif 30 persen dari 341 ulasan. Film tentang dinosaurus itu banyak dikritik dari segi penggambaran alur cerita serta watak karakternya.

Di sisi lain, film Top Gun: Maverick, yang sudah memasuki penayangan minggu keempat, diprediksi menghasilkan sedikitnya US$40 juta (Rp 593,2 miliar) di box office pada akhir pekan kemarin.

 


Menyesakkan

Film Lightyear tayang Juni 2022. (Foto: Disney)
Perbesar
Film Lightyear tayang Juni 2022. (Foto: Disney)

Kabar ini mungkin menjadi hal yang menyesakkan bagi Disney dan Pixar lantaran film Lightyear sudah dilarang tayang di 14 negara karena ada adegan singkat yang memperlihatkan ciuman sesama wanita.

Tentu saja, pemasukan kali ini tak sebesar film-film mereka sebelumnya. Tak hanya urusan box office akhir pekan, tampaknya Lightyear juga bisa menjadi salah satu film bioskop dengan pendapatan rendah sepanjang masa yang pernah diperoleh Pixar dan Disney.

 


Tayang di Platform

Namun begitu, Lightyear diharapkan bisa mencapai angka tertinggi sebagai film animasi dengan pendapatan terbesar sejak awal pandemi di Amerika Utara. Pasalnya, warga di sana sempat takut mengajak keluarganya ke bioskop karena pandemi.

Disney pun sempat membuat strategi merilis tiga film animasi Pixar secara eksklusif di platform Disney+, yaitu Soul, Luca, dan Turning Red. Setelah lebih dari dua tahun tak tiba di bioskop, pembukaan $US 52 juta itu bisa membuktikan bahwa Pixar masih punya taji di layar bioskop.

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi
Perbesar
Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya