Sukses

Ngesti Pandowo, Grup Legendaris Wayang Orang Tampilkan Pertunjukan Kresna Duta

Pementasan Wayang Orang Ngesti Pandowo ditampilkan di Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta Timur pada 26 Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta Grup legendaris Wayang Orang, Ngesti Pandowo, tampil dalam pertunjukan yang digelar di Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta Timur, Minggu, 26 Juni 2022.

Dalam pertunjukan itu, Ngesti Pandowo memainkan lakon Kresna Duta. Menurut Sunarno, sutradara pergelaran ini, Kresna Duta merupakan spirit penggambaran sosok ‘Pamomong’ berjiwa kesatria.

Memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin. Berjuang menyelesaikan berbagai permasalahan dengan bijak, dan jiwa yang tulus.

"Sebuah penggambaran situasi dan kondisi kepemimpinan saat ini. Perlu sosok ‘Pamomong’ yang benar-benar bisa mengkondisikan kehidupan dalam berbangsa dan bernegara dengan bijak. Sehingga tercipta suasana kondusif, damai dan sejahtera," ujar Sunarno saat ditemui di lokasi pertunjukan wayang orang.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Didukung Para Aktor dan Aktris Panggung

Penampilan Ngesti Pandowo didukung oleh para aktor dan aktris panggung antara lain; Sunarno (Prabu Mastwapati), Joko Suratno (Prabu Drupada), Wiradyo (Prabu Salya), A. Sri Paminto Widi Legawa (Prabu Kresna), M. Harrel Al-Zafar (Adipati Karna), Haryadi Dwi Prasetyo, S.Sn (Prabu Duryudana), Albela Mayarani Puspita, S.E. (Dewi Kunti), dan puluhan pemain lainnya.

Disutradarai Wiradyo dan Sunarno, penulis naskah Wiradyo dan Paminto, penata artistik dan penata Cahaya Budi Lee, penata panggung Supardi, penata iringan Sugiyanto Gitunk, penata tari Ayok Pertiwi Eko Pertiwi, S.Sn. dan Paminto, tata rias dan busana Dewi, Wulansari S.Pd, dan Albela Mayarani Puspita.

 

 

3 dari 4 halaman

Eksistensi Wayang Orang

Penanggung jawab Program Pantap Teater Wayang Indonesia (TWI), Im. Rini Hariyani, SS., M.Hum, mengatakan pentingnya eksistensi wayang orang di zaman serba digital seperti saat ini.

“Wayang tidak sekadar seni pertunjukan. Wayang adalah ekspresi nilai-nilai masyarakat. Membentuk identitas budaya bangsa," kata Rini Hariyani.

Wayang orang, dia melanjutkan, memberi banyak hal positif yang seharusnya bisa diterima dan dinikmati generasi muda dan masyarakat. "Memberi banyak ajaran, tuntunan, dan tatanan nilai kultural. Baik melalui representasi jalan cerita maupun citra para tokohnya,” Rini Hariyani menambahkan.

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Pagelaran Wayang Orang Perdana

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Humas Sena Wangi, Eny Sulistyowati SPd, SE, MM., menjelaskan, tampilnya Wayang Orang Ngesti Pandowo merupakan pagelaran perdana, dari rencana empat grup wayang orang yang akan tampil di Pewayangan Kautaman Jakarta.

Grup yang akan tampil berikutnya, kata dia, adalah; “Rasa Rupa Wayang” (dari berbagai macam genre dan jenis wayang), “Wayang Orang Anak” (Mangkunegaran - Surakarta), dan “Wayang Topeng” (Jawa Timur).

“Keempat grup kesenian wayang ini akan mengisi kalender acara Pantap TWI, hingga penghujung tahun 2022 nanti,” terang Eny Sulistyowati, yang juga bertindak sebagai salah satu Produser di pagelaran ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.