Sukses

Kondisi Ryan Grantham Sempat Depresi Sebelum Membunuh Ibunya

Ryan Grantham tak menampik telah bersalah atas pembunuhan terhadap ibunya.

Liputan6.com, Jakarta - Aktor muda Hollywood Ryan Grantham yang berusia 24 tahun dinyatakan bersalah pada Maret lalu setelah ia mengaku membunuh ibu kandungnya, Barbara Waite, pada April 2020. Kini, ia sedang menghadapi proses persidangan. Aktor Diary of a Wimpy Kid ini bahkan sempat berencana membunuh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Dalam persidangan yang digelar di British Columbia itu, Ryan tak menampik telah bersalah atas pembunuhan terhadap ibunya. Ia menembak bagian kepala wanita yang telah melahirkannya itu saat sedang bermain piano di rumahnya, melansir Entertainment Weekly, disampaikan CBC.

Disampaikan juga bahwa penuntut telah mengacu pada laporan psikiater yang menunjukkan Ryan Grantham sedang mengalami "periode depresi klinis yang intens" menjelang tindak pembunuhan terhadap ibunya. Laporan psikiater juga menunjukkan Grantham memiliki dorongan untuk melakukan kekerasan dan bunuh diri.

Ryan Grantham diduga kala itu nekad membunuh ibunya karena tak ingin sang ibunda melihat kekerasan yang akan dilakukannya. Setelah membunuh, keesokan harinya Grantham diduga mengisi mobilnya dengan tiga senjata, amunisi, bom molotov, perlengkapan berkemah, serta petunjuk ke rumah keluarga Justin Trudeau.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembunuhan Tingkat Dua

Kantor Kejaksaan Bristish Columbia, Kanada, mengofimasi bahwa Ryan Grantham dikenakan pembunuhan tingkat dua terhadap sang ibu, yang memiliki ancaman hukuman seumur hidup.

Pengadilan juga mendengar penjelasan bahwa Grantham sempat latihan sebelum pembunuhan sambil mengambil videonya. Terdapat juga rekaman setelah pembunuhan yang berisi pengakuannya sambil menunjukkan jasad ibunya.

Sewaktu akan ke rumah PM Kanada, Ryan memutar mobilnya dan sempat berencana menyerang sekolahnya, Simon Fraser University, atau di Jembatan Lions Gate di Vancouver. Bersyukurlah, ia membatalkan niatnya.

3 dari 3 halaman

Penyesalan

Di persidangan, Ryan Grantham menyatakan penyesalannya.

"Saya tidak dapat menjelaskan atau membenarkan tindakan saya. Saya tidak bisa mencari-cari alasan," kata Grantham. "Saya sungguh sedih saat berpikir telah menyia-nyiakan hidup saya," tambahnya. 

Di dunia hiburan, Ryan Grantham terlibat dalam sejumlah film. Ia mendapat peran di satu episode Riverdale pada 2019, sebagai Jeffery Augustine yang membunuh Fred Andrews (Luke Perry) dalam tabrak lari.

Dia juga memerankan Redwood di Becoming Redwood pada 2012 dan Rodney James di Diary of a Wimpy Kid pada 2010.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.