Sukses

RM BTS Sempat Alami Krisis Identitas soal Grupnya Setelah Era Butter

RM BTS juga merasa kesibukan sebagai seorang idola K-Pop telah menggerus perkembangan kepribadiannya.

Liputan6.com, Seoul - RM BTS mengungkap curahan hatinya dalam penutupan selebrasi ultah grupnya. Dalam video yang dirilis Selasa (14/6/2022) kemarin, leader BTS ini mengungkap bahwa ia sempat mengalami krisis identitas terkait grupnya.

“Hingga ‘ON’ dan ‘Dynamite’ aku merasa grup BTS masih kupegang. Tapi setelah kami mengerjakan ‘Butter’ dan ‘Permission to Dance’, aku tak tahu lagi kami ini grup macam apa,” kata dia, seperti diwartakan Soompi.

Tak hanya itu, kesibukan sebagai seorang idola K-Pop ternyata dirasakannya telah menggerus perkembangan  kepribadiannya. “Tak ada waktuku untuk bertumbuh. Tak hanya soal keahlian, tapi juga sebagai seorang manusia,” kata sang rapper.

Idol dari Big Hit Music ini menambahkan, “Aku adalah orang yang sangat berbeda dari diriku 10 tahun yang lalu, dan aku  perlu waktu untuk berpikir dan menjadi diri sendiri, sehingga pikiranku bisa matang dan menjadi sesuatu yang hanya dimiliki olehku.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Setelah 10 Tahun Bersama

RM yang memang dikenal kerap berkontemplasi ini, merasa perkembangan dirinya mandek. "Setelah melewati 10 tahun bersama BTS, saat melakukan jadwal kami yang padat bersama, saya tak bisa mendewasa," kata RM.

Ia meneruskan, "Aku tak punya waktu untuk berpikir. Aku harus tahu diriku ini adalah orang seperti apa, BTS itu seperti apa, mengapa saya di sini, apa makna para member bagi saya, dan jalan yang harus kami ambil di masa depan; Aku perlu mengingat hal-hal ini saat melakukan wawancara dan menulis lirik. Tapi pada titik tertentu, aku belum yakin kita ini grup seperti apa."

3 dari 4 halaman

Proyek Solo

Di luar soal pendewasaan diri, RM juga menyatakan ia butuh waktu untuk mengembangkan proyek solonya di bidang musik. 

"Dulu, aku cukup bisa seimbang dalam mengerjakan musikku sendiri dengan aktivitas grup, tapi sekarang aku tidak bisa melakukannya pada saat yang bersamaan. Aku tak bisa melakukan aktivitas grup dan kemudian fokus pada pekerjaanku sendiri hanya dengan menekan tombol saja. Aku menyadari bahwa saya benar-benar membutuhkan waktu untuk diri sendiri," kata RM.

4 dari 4 halaman

Soal Hiatus

Seperti diberitakan sebelumnya, video perayaan ultah BTS ini memantik kabar bahwa grup tersebut akan hiatus. Hal ini berawal saat Suga berkata, “Jadi, kita masuk musim istirahat.” Namun di takarir atau subtitle yang tayang di layar, ditampilkan tulisan yang berarti “Kita akan hiatus.”

Perwakilan HYBE mengklarifikasi kepada Associated Press soal pernyataan ini. "BTS tidak hiatus. Para anggotanya akan lebih fokus kepada proyek solo dalam waktu ini," begitu pernyataan pihak perusahaan. 

Ditambahkan pula bahwa selain proyek pribadi, BTS juga masih melakukan proyek sebagai grup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.