Sukses

Sempat Acuh, Marshanda Ceritakan Awal Dirinya Tahu Idap Tumor Payudara

Marshanda awalnya acuh dengan benjolan di payudaranya sampai akhirnya dinyatakan tumor.

Liputan6.com, Jakarta - Marshanda belum lama ini menyampaikan bahwa dirinya mengidap tumor payudara, melalui kanal YouTube miliknya MARSED. Tahu ada tumor bersarang di tubuhnya, mantan istri Ben Kasyafani langsung terbang ke Singapura untuk memeriksakan kondisi kesehatannya lebih jauh.

Dijelasakan Marshanda, awal mula dirinya mengetahui mengidap tumor payudara pada Agustus tahun lalu. Sebelumnya ia sempat mengalami demam yang cukup tinggi, dan memeriksakan kondisinya ke dokter.

Saat itu pemilik nama lengkap Andriani Marshanda sempat melakukan tes usap dan juga menjalani pemeriksaan darah untuk mengetahu penyebab dirinya mengalami demam tinggi. Namun semuanya negatif dan tidak diketahui adanya tumor.

"Aku sempat panas tinggi 39,6 (derajat), diopname takut kenapa-kenapa, swab negatif. Aku tes darah tapi enggak ada tumor,” kata Marshanda, dalam wawancara virtual, Selasa (14/6/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teringat Ucapan Sahabat

Setelah itu Marshanda teringat dengan ucapan temannya yang berprofesi seorang dokter. Saat memeriksakan kondisi kesehatanya dia menjelaskan bahwa pesinetron Bidadari ini rentan terkena kanker. Namun saat itu Marshanda masih acuh dan tidak mempedulikan.

"Aku pernah interview beliau. Aku dekat banget sama dia. Dia bilang baca hasil (darah) aku, dia cuma ngomong ‘Ca ini dari hasil darah kamu, kamu punya cenderung besar kanker one day’,” ucap Marshanda.

3 dari 4 halaman

Acuh

Awalnya terdapat benjolan kecil di sekitaran payudaranya, namun saat itu dokter yang memeriksanya belum memvonis Marshanda mengidap tumor payudara. Dan kala itu ia juga belum mengingat tentang perkataan temannya tersebut.

"Tiba-tiba ada benjolan di payudara awalnya kecil. Aku tanya ke temanku dokter, katanya hormonal, aku enggak sadar,” tutur Marshanda.

4 dari 4 halaman

Dinyatakan Idap Tumor

Kian hari benjolan tersebut semakin membesar. Marshanda akhirnya memeriksakan kembali ke dokter spesialis dan benjolan tersebut dinyatakan tumor.

"Desember aku melakukan mammogram dan ultra USG di rumah sakit di Jakarta Pusat, aku dibilang punya tumor tapi pas Desember datanya, ada beberapa tumor di kanan,” kata Marshanda.

"Payudara kiri ada kista. Kalau kanan ada beberapa tumor, satu 2,4 cm, satu lagi di bawah 2,4 cm,"  sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.