Lightyear Dikabarkan Tak Tayang di Bioskop Indonesia

Oleh Ratnaning Asih pada 14 Jun 2022, 13:40 WIB
Diperbarui 14 Jun 2022, 13:40 WIB
Lightyear. (Disney/ Pixar)
Perbesar
Keputusan ini dikaitkan dengan adegan sesama jenis di film Lightyear. (Disney/ Pixar)

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah media internasional memberitakan nasib film animasi Pixar terbaru, Lightyear, di Indonesia. Salah satunya Deadline, yang pada Selasa (14/6/2022), melaporkan bahwa film yang ikut dibintangi Chris Evans ini tak tayang di bioskop Indonesia.

Media ini menurunkan judul “Disney/Pixar’s ‘Lightyear’ Will Not Play In Saudi Arabia, UAE & Other Parts Of Middle East, Nor Malaysia & Indonesia (Lightyear dari Disney/Pixar Tak Tayang di Arab Saudi, UEA & dan Wilayah Lain di Timur Tengah, Maupun Malaysia & Indonesia).” Disebutkan pula, film ini belum mendapat izin distribusi di negara-negara ini. 

Selain media ini, sumber yang dihubungi Reuters juga menyatakan, ada 14 negara Timur Tengah dan Asia yang tak menayangkan film animasi ini di bioskop. Indonesia disebut sebagai salah satu negara di antaranya, selain Arab Saudi, Mesir, Malaysia, dan Lebanon.

Reuters menyebut bahwa perwakilan dari negara-negara ini belum merespons pertanyaan mengapa film ini tak diizinkan tayang di bioskop wilayah tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Karena Adegan LGBT

Lightyear
Perbesar
Lightyear, prekuel film Toy Story tentang Buzz Lightyear. (Pixar)

Media-media tersebut mengaitkan keputusan ini dengan keberadaan adegan ciuman sesama jenis di film tersebut. 

Divisi Regulasi Media di Kementerian Pemuda dan Budaya Uni Emirat Arab, mengeluarkan cuitan via akun Twitter mereka yang mengumumkan langkah tersebut. Lightyear dinyatakan tak mendapat izin untuk penayangan publik di semua bioskop di negara ini, karena melanggar standar konten di Uni Emirat Arab. 

Di Malaysia, jaringan bioskop terbesar negara tersebut yakni GSC membagikan foto adegan film yang memperlihatkan penggalan dialog ikonis Buzz Lightyear, "To infinity..." Namun mereka meneruskan kalimat ini dengan cuitan “No beyond.”


Belum Merespons

Film Lightyear tayang Juni 2022. (Foto: Disney)
Perbesar
Film Lightyear tayang Juni 2022. (Foto: Disney)

Di situs jaringan bioskop Indonesia seperti XXI dan CGV, poster film Lightyear tak tampak di bagian "Coming Soon" alias film-film yang akan tayang. Begitu pula di aplikasi penjualan tiket secara daring. 

Perwakilan Disney di Indonesia yang dihubungi Liputan6.com untuk diminta konfirmasinya, belum merespons soal kabar ini. 

Di Amerika Serikat sendiri, film ini akan tayang pada 17 Juni 2022. 


Sinopsis Lightyear

Film ini menyelami kisah Buzz Lightyear (Chris Evans) yang terdampar di planet yang berjarak 4.2 juta tahun cahaya dari Bumi bersama timnya. Saat Buzz mencoba mencari jalan pulang melintasi ruang dan waktu, ia ditemani sekelompok rekan kerja yang ambisius dan robot kucing peliharaannya, Sox.

Masalah makin bertambah lalu membuat misi makin berbahaya dengan kedatangan Zurg dan pasukannya yang memiliki agenda misterius.

Selain Chris Evans, Lightyear juga menampilkan Uzo Aduba, Peter Sohn, Keke Palmer, Taika Waititi dan Dale Soules.

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi
Perbesar
Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya