Assalamualaikum Calon Imam 2 Angkat Konflik Rumah Tangga dan Karier yang Menimpa Pasangan Muda

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 12 Jun 2022, 16:30 WIB
Diperbarui 12 Jun 2022, 16:30 WIB
Assalamualaikum Calon Imam 2. (Viu)
Perbesar
Assalamualaikum Calon Imam 2. (Viu)

Liputan6.com, Jakarta Persoalan-persoalan yang dialami oleh pasangan muda saat ini menjadi bahan survey terbaru oleh Alvara dan Viu. Survey ini terinspirasi dari respon pecinta drama Viu Original Assalamualaikum Calon Imam 2.

Dalam drama ini, terdapat konflik rumah tangga pasangan muda, Dr. Alif (Miller Khan) dan Fisya (Mentari De Marelle). Pasangan ini menghadapi badai rumah tangga dengan sejumlah persoalan yang melibatkan orang-orang terdekat.

“Drama ini merupakan cerminan persoalan pasangan muda secara umum di Indonesia, tentang keluarga baru yang harus berhadapan dengan konflik rumah tangga dan karier,” ujar Indra Gunawan, sutradara Assalamualaikum Calon Imam 2.

Dalam survey yang melibatkan lebih dari 600 responden dari tujuh kota besar di Indonesia, para pasangan muda berusia 20-35 tahun ini mengakui empat masalah utama konflik mereka, yaitu perbedaan pendapat (31,4 persen), persoalan keuangan (27,1 persen), perilaku (23,4 persen) dan kecemburuan (20,9 persen).

"Mereka bahkan menyatakan bahwa bantuan penasehat pernikahan sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut." tambah Indra.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Konflik Perbedaan

Assalamualaikum Calon Imam 2. (Viu)
Perbesar
Assalamualaikum Calon Imam 2. (Viu)

Menariknya, temuan ini turut mengungkap bahwa konflik perbedaan pendapat banyak dialami pasangan yang belum memiliki anak. Sementara persoalan keuangan lebih banyak dialami pada pasangan yang sudah memiliki anak.

Survey ini juga menanyakan perilaku yang membuat hubungan pernikahan berakhir. Hasilnya, 46,2 persen responden mengaku bahwa perselingkuhan adalah akhir dari segalanya. Hanya 19,1 persen yang menjawab perilaku suka memukul atau tindakan kekerasan.

Lalu, apakah yang membuat pernikahan semakin kuat? Sebanyak 35 persen responden menjawab saling menghargai satu sama lain dan diikuti menjaga komitmen pernikahan (26,3 persen). Sabar dan mengalah menempati posisi ketiga dengan menjaring 16,3 persen.

 


Peran Teman Dekat

Respon para pecinta drama terhadap drama ini memang luar biasa. Setelah sukses dengan berbagai penghargaan internasional di season pertama, drama Assalamualaikum Calon Imam 2 telah ditonton 2 juta kali di Viu hanya dalam waktu kurang dari satu bulan.

Para penonton pun sempat meramaikan tagar #AssalamualaikumCalonImam2diViu dan menjadi trending topic di Twitter.

Drama ini didukung oleh Roy Sungkono, Marthino Lio, Rizky Alatas, dan Kezia Aletheia. Akting Fergie Bethany juga mendapat pujian dari para pecinta drama atas perannya sebagai teman dekat Fisya.

 


Saluran untuk Bercerita

Berdasarkan survey Alvara dan Viu, wanita memang memiliki saluran menceritakan masalah pernikahan dibandingkan pria.

Pria hanya memiliki tujuh saluran, sementara wanita memiliki 12 saluran. Para responden mengakui bahwa mereka mengadukan persoalan rumah tangga kepada orangtua (42,8 persen), Yang Maha Kuasa (35 persen), dan teman (30,6 persen). 

Survey ini menjaring pendapat responden dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Meda, Banjarmasin dan Makassar.

Drama Assalamualaikum Calon Imam 2 kini dapat ditonton secara marathon di Viu.

infografis perfilman indonesia
Perbesar
Jumlah produksi film Indonesia, berapa banyak? (Liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya