Istri Zul Zivilia Sedih Anaknya Putus Sekolah karena Kesulitan Ekonomi

Oleh Hernowo Anggie pada 06 Jun 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 06 Jun 2022, 17:10 WIB
Zul Zivilia Divonis 18 Tahun, Ini 5 Ekspresi Sedih Istrinya yang Terus Menangis
Perbesar
Ekspresi histeris Retno Paradinah saat suaminya, Zul Zivilia, sah divonis 18 tahun penjara. (Sumber: KapanLagi.com)

Liputan6.com, Jakarta - Retno Paradinah, istri Zul Zivilia, harus tetap berjuang melanjutkan hidup saat sang suami dipenjara karena kasus narkoba. Tentunya bukan perkara mudah bagi istri vokalis band Zivilia itu.

Tanpa kehadiran Zul Zivilia yang divonis 18 tahun penjara, praktis hanya Retno yang berjibaku untuk membesarkan anak-anaknya sendirian. Himpitan ekonomi jelas dirasakannya sejak Zul berada di tahanan lembaga pemasyarakatan.

Istri Zul Zivilia mengatakan, untuk menyekolahkan anak pertamanya saja ia kesulitan. Belakangan, diketahui anak pertama Zul Zivilia sudah tak lagi melanjutkan pendidikan di sekolah. Kesulitan ekonomi orangtuanya membuat sang anak putus sekolah.

"Apalagi kan yang putus sekolah ini, anak saya yang benar-benar butuh pendidikan karena kan dia beda dengan saudara yang lain," kata Retno di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (5/6/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Sedih

Terjerat Narkoba, Vokalis Zul Zivilia Ditangkap Polisi
Perbesar
Vokalis grup band Zivilia, Zulkifli alias Zul (tengah) diperlihatkan petugas Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (8/3). Zul ditangkap terkait penyalahgunaan narkotika di kawasan Jakarta Utara, Kamis (28/2). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Retno tak bisa membohongi perasaannya yang dilanda rasa sedih mengetahui anaknya putus sekolah. "Iya, yang pasti sedihlah (anak tak lagi bersekolah)," dia menjelaskan.

Kini, ia berjuang sendirian untuk bisa kembali menyekolahkan anaknya. Sejumlah hal sudah dilakukannya agar anaknya bisa kembali bersekolah. Termasuk, meminta bantuan kerabat dekatnya.

"Saya gimana usahanya supaya saya bisa disekolahin. Makanya tahun ini saya benar-benar mau sekolahkan anak saya yang pertama," lanjutnya.


Mulai Tak Nyaman

Dituntut Penjara Seumur Hidup, Ini 6 Momen Manis Zul Zivilia dan Istri
Perbesar
Zul Zivilia dan Istri (Sumber: Instagram/retnoparadinah)

Akan tetapi, istri Zul Zivilia juga mengaku tidak nyaman jika terus menerus meminta bantuan dari pihak keluarga. Bila tak ada kebutuhan mendesak, dia enggan meminta.

"Saya kan saudara banyak ponakan, jadi itu saya kayak mau minta banyak yang berat, tahu diri. Cuma minta bantuan ya kayak kepepet banget yang ini kan lumayan gede juga," ungkapnya.

Di sisi lain, anak-anaknya kerap bertanya di mana keberadaan ayahnya. Keadaan ini tentu membuat Retno semakin bersedih.


Minta Anak Bersabar

Polisi membenarkan vokalis band Zivilia, Zul, ditangkap karena kasus narkoba
Perbesar
Polisi membenarkan vokalis band Zivilia, Zul, ditangkap karena kasus narkoba. (Istimewa)

"Ya pasti kalau dibilang nyari pasti nyari. Kan mereka mau gimana lagi. Saya jelasin sabar aja nanti juga ketemu," tutupnya.

Dalam putusan majelis hakim pada Desember 2019, Zul Zivilia dijatuhkan pidana penjara selama 18 tahun dan denda sebesar Rp 1 miliar atas kasus penyalahgunaan narkoba.

Hukuman tersebut lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum yang menuntutnya dipenjara seumur hidup. 

Infografis Artis Terjerat Kasus Narkoba
Perbesar
Infografis Artis Terjerat Kasus Narkoba (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya