Sukses

Cinta Laura Aransemen Ulang Lagu Oh Baby Bersama Eka Gustiwana, Diubah Menjadi Bernuansa EDM Kekinian

Cinta Laura kembali menggandeng Eka Gustiwana untuk merilis lagu bergenre house music.

Liputan6.com, Jakarta - Sukses berkolaborasi lewat single “Markisa,” Cinta Laura kembali menggandeng Eka Gustiwana untuk merilis lagu bergenre house music di bawah naungan label Sony Music Entertainment Indonesia.

Bukan menghadirkan lagu baru, Cinta me-remix “Oh Baby” yang sempat tenar di tahun 2008 dengan menghadirkan aransemen yang lebih segar.  Keinginan membuat remix “Oh Baby” sendiri sudah terpikir oleh Cinta sejak awal 2021.

Saat itu, ia sedang melakukan workshop musik di studio Eka dan tiba-tiba ide itu muncul begitu saja. “Aku bilang ke Eka, 'lucu kali, ya, kalau kita bikin remix Oh Baby. Tapi, aransemennya harus kekinian dan disesuaikan dengan suara aku sekarang'," kata Cinta mengenang percakapannya dengan Eka soal aransemen baru lagu "Oh Baby" melalui keterangan tertulis, Senin, 30 Mei 2022.

"Lalu, di bulan Juli 2021, kami sempat mencoba membuat empat aransemen berbeda. Ada pop, disko 80-an, house music, dan trance. Awalnya, aku bilang ke Eka untuk pakai nuansa ala 80-an, tapi, saat aku dengar, sepertinya bukan ini yang aku inginkan. Akhirnya, proyek itu kami tunda dulu," Cinta melanjutkan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Soundtrack Web Series

Tertunda, bukan berarti terlupakan. Saat bertemu produser Screenplay Films dalam rangka mengerjakan sebuah webseries baru berjudul Daniel dan Nicolette, Cinta pun mencoba mengajukan ide untuk memakai “Oh Baby” sebagai soundtrack serial ini, namun dengan genre yang diubah menjadi EDM.

“Pak Wicky selaku produser Screenplay Films menyambut baik ideku dan aku pun segera menghubungi Eka. Nggak sangka, mimpi kami akhirnya terwujud juga. Jujur, ini tantangan bagiku, tapi juga sangat menyenangkan,” ungkap Cinta. 

Meski single ini berusia 14 tahun, namun Cinta merasa liriknya sesuai dengan tema serial yang ia bintangi, yaitu rasanya jatuh cinta dan mengejar cinta sehingga ia terpikir menjadikannya soundtrack. Perubahan dari segi aransemen agar terdengar segar dan ia percayakan hal ini sepenuhnya kepada Eka Gustiwana.

 

3 dari 4 halaman

Menjadi Tiga Bagian

“Menurutku, penting banget membuat aransemen Oh Baby versi terbaru ini berbeda dari yang asli disesuaikan dengan karakter vokalku sekarang, tipe musik yang aku suka, dan vibe dari series yang aku kerjakan," kata Cinta.

Cinta dan Eka akhirnya berdiskusi penjang mengenai jenis aransemen musik yang bakal membalut lagu "Oh Baby". Pilihannya jatuh ke dalam aransemen yang seolah-olah terjadi dalam tiga bagian.

"Untuk itu, aku minta Eka menciptakan aransemen yang bisa menaikkan emosi seakan-akan lagu ini dibagi menjadi tiga bagian. Di awal, saat karakterku mulai jatuh cinta. Di tengah lagu, sadar bahwa dia jatuh cinta. Lalu, di akhir lagu menjadi perayaan dari momen cinta tersebut," dara bernama lengkap Cinta Laura Kiehl ini melanjutkan.

 

4 dari 4 halaman

Beruntung Bertemu Eka Gustiwana

Cinta bersyukur bisa kembali berkolaborasi dengan Eka yang mampu menerjemahkan visinya dalam bermusik. “Eka itu penuh semangat, berbakat, dan kreatif. Dia juga bisa menerima cara berkomunikasi aku yang sangat frontal, mengerti yang aku mau, dan terbuka untuk mengeksplor sound-sound yang aku inginkan," Cinta menuturkan.

"Aku juga senang Eka mau mengambil proyek ini. Bisa dibilang, ini tantangan yang tidak mudah karena kami harus me-remix lagu yang sempat booming pada masanya dan berusaha agar aransemen yang baru ini bisa memberikan kesan dan perasaan yang sama seperti “Oh Baby” versi awal," dia menjelaskan.

Cinta berharap bisa mengulang kejayaan lagu "Oh Baby" yang sukses menaikan pamornya sebagai penyanyi. "Ada tekanan yang besar bagi kami untuk membuat lagu ini agar bisa menyamai kesuksesan orisinalnya. Tapi, aku yakin, kami menghasilkan karya yang baik," Cinta memungkasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.