Sukses

Presenter Clara Antawidjaja Terkejut Orang India Aduk Makanan Tanpa Sarung Tangan

Clara Antawidjaja terkejut orang India memiliki cara tersendiri yang unik, dari mulai menyajikan sampai menyantap makanannya.

Liputan6.com, Jakarta Presenter Clara Antawidjaja yang pernah menyambangi India, beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa ia awalnya kaget melihat secara langsung masyarakat lokal di India.

Di media sosial viral banyak beredar video penjual makanan dari negeri India yang dianggap tidak higenis saat membuat makanan dan melayani untuk pelanggan.

Namun termyata India memiliki cara tersendiri yang unik, dari mulai menyajikan sampai menyantap makanannya.

Di balik itu, ada alasan mengapa orang India cenderung mengaduk-aduk makanan dan makan langsung pakai tangan tanpa alat dan alas

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tradisi Lama

Wanita yang menduduki posisi CEO Antawijaya Consulting barulah mengerti kebiasaan tersebut saat melihat langsung dan mencicipi kuliner disana. 

“Saya lumayan terkejut saat para penjual makanan di India menggunakan tangan kosong untuk mengolah, mengaduk dan menyiapkan makanan untuk pembeli. Namun ternyata ada makna filosofis di balik itu semua,” ujar Clara di Jakarta, belum lama ini. 

Menyantap makanan menggunakan tangan bagi masyarakat India kata Clara ternyata merupakan tradisi makan orang India sejak lama.

3 dari 4 halaman

Berhubungan Langsung

Masyarakat India percaya ketika makan menggunakan tangan, manusia dapat berhubungan langsung dengan makanan dan merasakan tekstur dari makanan tersebut. 

"Dari sisi kepercayaan, makan menggunakan tangan memiliki keistimewaan tersendiri untuk masyarakat India. Makan menggunakan tangan juga diyakini sebagai saluran lima elemen kehidupan, yakni udara, api, air, tanah atau bumi, dan akaca (ruang angkasa)," ujar kelahiran Jakarta, 23 Februari 1996.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menyajikan Makanan

Clara yang pernah jadi News anchor IDX Channel dan MNC News,Volunteer Greenpeace Moderator ekonomi untuk G20 finance side track event mengatakan saat pernah melakukan wawancara dengan penjual makanan yang merupakan warga asli India.

Penjual makanan di India itu bahkan mencelupkan makanan ke kuah menggunakan tangan langsung.

"Terkesan tidak higenis namun ternyata menurut warga asli India, memasak menggunakan tangan tanpa menggunakan alat bantu seperti sendok atau spatula membuat rasa semakin orisinil," tandas Clara yang kini sedang menyelesaikan S2 untul Master of Management) di bidang Entrepreneurship and Innovation.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.