Iko Uwais Blak-blakan Soal Honor Berkarier di Hollywood, Awalnya Jutaan Kini Miliaran Rupiah

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 26 Mei 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 26 Mei 2022, 08:00 WIB
[Bintang] Iko uwais
Perbesar
Sebelum Iko Uwais dikenal sebagai aktor laga, ia dikenal sebagai atlet Pencak Silat Indonesia. Dari banyak prestasinya itu, ia lantas di dapuk bermain dalam film Merantau pada tahun 2009 silam. (Adrian Putra/Bintang.com)

Liputan6.com, Jakarta Iko Uwais kini sudah berkiprah sangat maju sebagai seorang aktor. Tak hanya dikenal di Tanah Air, suami Audy Item ini sudah menjadi aktor Hollywood yang nama dan wajahnya sudah tak asing lagi di mata publik dunia.

Selama menetap di Amerika Serikat dan sekitarnya, Iko Uwais kerap tampil bersama aktor-aktor top seperti Mark Wahlberg sampai Jason Statham. Ia bahkan membintangi Wu Assassins, serial Hollywood yang rilis di platform Netflix.

Namun begitu, ia jarang membeberkan berapa banyak pendapatannya selama menjadi aktor di Negeri Paman Sam itu. Sampai-sampai, banyak yang menduga bintang yang sempat muncul di film Star Wars ini langsung mendapat bayaran besar.

Nyatanya tidak. Iko Uwais bahkan memulai kariernya sebagai seorang koreografer adegan laga ketimbang aktor. Bahkan, bayaran yang diterimanya tak begitu besar untuk ukuran aktor yang sudah terkenal di seluruh dunia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bayaran Pertama di Hollywood

Iko Uwais bersama Jason Statham. (instagram.com/iko.uwais)
Perbesar
Iko Uwais bersama Jason Statham. (instagram.com/iko.uwais)

Selama menerima bayaran pertama, Iko Uwais menjadi koreografer tak lebih dari lima bulan. Bila dirinci, pendapatannya dalam sebulan hanya sekitar Rp5 juta sekian.

"Cuma dibayar 21 juta (rupiah) sampai selesai. Saat waktu itu empat bulan. Karena gua baru," ungkap Iko Uwais kepada Atta Halilintar dan Rico Ceper seperti bisa disimak di kanal YouTube AH yang diunggah Minggu (22/5/2022).


Pesan untuk Pendatang Baru

The Raid: Redemption Vs Berandal, Lebih Suka Mana?
Perbesar
Salah satu adegan laga yang dimainkan Iko Uwais dalam film action The Raid. (Merantau Films)

Lantaran pengalamannya itu, Iko Uwais mengingatkan rekan-rekan sesama aktor maupun aktris yang sedang merintis agar tak berpikir instan. Naiknya tarif honor di Hollywood membutuhkan waktu dan proses.

"Makanya itu, kenapa gua sharing juga sama teman-teman dan teman-teman seprofesinya juga. Seenggaknya jangan pas lu main atau kerja di dunia ini, seinstan apa yang lu pikir," ujar Iko menegaskan.

 


Pendapatan Sekarang

Perjuangan yang memakan waktu bertahun-tahun di industri Hollywood, membuat pendapatan Iko Uwais kini sudah sesuai dengan popularitasnya di seluruh dunia.

"Di atas satu-lah (1 juta dollar Amerika Serikat). Lumayan," ujar Iko Uwais setelah ditanya soal bayaran sekarang oleh Rico Ceper.

Menelusuri situs salah satu konverter mata uang, 1 juta dollar AS kini setara dengan Rp14 miliar. Artinya pendapatan Iko Uwais selama bermain film lebih dari itu.

infografis journal
Perbesar
infografis journal 5 Film Horor Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak. (Liputan6.com/Tri Yasni).
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya