6 Fakta Seru Top Gun: Maverick, Termasuk Latihan Ekstrem Tom Cruise di Air dan Udara

Oleh Ratnaning Asih pada 25 Mei 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 25 Mei 2022, 18:00 WIB
Top Gun: Maverick. (Paramount Pictures Studios via IMDb)
Perbesar
Orang yang kenal sepak terjang Tom Cruise, pasti paham betul bahwa ia tak pernah main-main dalam membuat film. Termasuk dalam Top Gun: Maverick. (Paramount Pictures Studios via IMDb)

Liputan6.com, Jakarta Aksi Tom Cruise sebagai Pete Mitchell alias Maverick bisa kembali disaksikan mulai hari ini, Rabu (25/5/2022) di bioskop Tanah Air lewat Top Gun: Maverick. Sebuah penantian yang sangat panjang, mengingat film pertama Top Gun dirilis tahun 1986 silam.

Di sekuelnya ini, Tom Cruise akan beradu akting dengan sejumlah aktor muda, termasuk bintang Whiplash, Miles Teller.

Miles Teller berperan sebagai Bradley Bradshaw, putra dari mendiang Goose, sahabat Pete Mitchell alias Maverick dulu. Keduanya dipertemukan daam program pelatihan Top Gun, di mana Maverick diangkat sebgai trainer.

Orang yang kenal sepak terjang Tom Cruise, pasti paham betul bahwa ia tak pernah main-main dalam membuat film. Ini terjadi lagi dalam Top Gun: Maverick. Ada banyak cerita menarik dalam pembuatan film ini, yang bikin berdecak kagum. Apa saja?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Dilatih oleh Tim Angkatan Laut

Top Gun: Maverick. (Paramount Pictures via AP)
Perbesar
Top Gun: Maverick. (Paramount Pictures via AP)

Dalam video promosi yang dirilis Paramount Pictures April lalu, diungkap sejumlah banyak hal menarik di balik layar film ini. Salah satunya adalah keterlibatan Navy alias Angkatan Laut AS. 

"Kami bekerja bersama Angakatan Laut dan Sekolah Top Gun untuk memformulasikan bagaimana pengambilan gambarnya. Karena bila kami ingin melakukannya, kami akan terbang dalam F-18 S," tutur Tom Cruise, menyebut pesawat jet tempur yang muncul di film ini.


2. Tiga Level Latihan

Top Gun: Maverick. (Paramount Pictures via AP)
Perbesar
Top Gun: Maverick. (Paramount Pictures via AP)

Dalam pengambilan gambar film ini, para aktor Top Gun benar-benar berada di pesawat jet tempur F-18 S. Untuk itu, perlu dilakukan persiapan khusus agar mereka bisa melakukannya. 

Para aktor Top Gun: Maverick melewati sejumlah tahap sebelum bisa menumpangi pesawat F-18s. Awalnya, mereka dilatih dengan menumpang pesawat dengan satu mesin, dan melakukan gerakan akrobatik  di udara. "Ini untuk membangkitkan pemahaman spasial mereka dalam pesawat," kata Tom Cruise. 

Selanjutnya, lanjut aktor 59 tahun ini, mereka berlatih dengan menggunakan pesawat L-39. "Mereka terbang dan melakukan gerakan akrobatik untuk merasakan bagaimana rasanya di pesawat jet," ia menjelaskan. 

Sutradara Joseph Kosinski lantas menambahkan, "Dari sini, mereka lulus dan bisa pindah ke F-18s."


3. Latihan di Dalam Air

Sesi Latihan film Top Gun: Maverick yang dibintangi Tom Cruise. (Tangkapan Layar YouTube/ Paramount Pictures)
Perbesar
Sesi Latihan film Top Gun: Maverick yang dibintangi Tom Cruise. (Tangkapan Layar YouTube/ Paramount Pictures)

Latihan tak cuma dilakukan di langit, tapi juga dalam air. "Angkatan laut berkata bahwa bila pilot dilontarkan dari pesawat, mereka harus bisa bertahan hidup di air. Jadi kami harus melewati latihan bawah air yang menantang," kata Tom Cruise. 

Dalam satu adegan di video balik layar para bintang Top Gun terlihat berada dalam piranti yang diisi penuh dengan air hingga mereka tenggelam. Tak sampai di situ, mereka lantas harus berjuang untuk keluar dari piranti yang penuh air tersebut sambil menahan napas. 

Di cuplikan lain, mereka duduk dalam sebuah perangkat serupa kursi pilot, kemudian dibenamkan ke air. Dalam kondisi sabuk pengaman terpasang, mereka diposisikan dalam kepala menghadap ke bawah, dan harus bisa membebaskan diri. 


4. Jadi Juru Kamera

Top Gun: Maverick. (Paramount Pictures Studios via IMDb)
Perbesar
Top Gun: Maverick. (Paramount Pictures Studios via IMDb)

Tak hanya mesti berakting, para aktor Top Gun: Maverick yang melakoni adegan di pesawat jet F-18S juga punya satu tugas lain: jadi juru kamera. 

"Para aktor juga harus belajar untuk mengoperasikan kamera, karena saat mereka berada di pesawat jet, intinya mereka harus mengarahkan diri mereka sendiri," kata sutradara film ini, Joseph Kosinski.

Tom Cruise ikut serta membantu. "Aku harus mengajarkan soal sinematografi dan pencahayaan agar mereka mengerti apa yang kelihatan bagus di kamera," tuturnya.


5. Standing Ovation

Top Gun: Maverick. (Paramount Pictures via AP)
Perbesar
Top Gun: Maverick. (Paramount Pictures via AP)

Top Gun: Maverick tayang perdana di Festival Film Cannes 2022 lalu. Dilansir dari Variety, film ini mendapat sambutan hangat dari hadirin. Mereka ikut memberi respons sepanjang pemutaran, termasuk saat Val Kilmer yang memerankan Iceman di film aslinya muncul.

Pemutaran film ini, diakhiri dengan standing ovation selama lima menit dari hadirin.


6. Kedekatan Tom Cruise dengan Para Junior

Meski punya nama paling besar dibanding aktor lainnya di film ini, Tom Cruise tak lantas "sok senior." Sebaliknya, ia justru dekat dengan para aktor muda ini. Miles Teller, misalnya, mengatakan Tom Cruise pernah memintanya untuk menelepon kapan pun ia butuh. 

"Dan ada banyak hal dalam hidup atau karierku di mana aku menelepon Tom untuk minta saran, dan ia selalu menjawabnya," kata Miles Teller, seperti diwartakan E! News. 

Namun kadang, Tom Cruise jadi terlalu semangat bercerita soal industri film. "Bisa sejam setengah atau dua jam, dan aku kayak, 'Tom aku mencintaimu, man. Tapi aku harus pergi'," kata Miles dengan nada canda.

infografis journal
Perbesar
infografis journal 5 Film Horor Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak. (Liputan6.com/Tri Yasni).
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya