Sukses

Jessica Nathania Berkarir Di Amerika Serikat demi untuk Mendunia

Jessica Nathania adalah penyanyi Indonesia yang menetap di Boston.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun lalu kita sempat mendengar nama sosok penyanyi muda bertalenta yaitu Jessica Nathania. Gadis asal Jakarta yang memulai karir musiknya di usia belia ini, berhasil menjadi juara pada usia enam belas tahun dalam kompetisi menyanyi online terbesar di Asia Tenggara, “Star Voices Asia”. 

Dia kemudian bertemu dengan Rio Febrian yang kemudian memproduksi single pertamanya, “Say What You Want” pada tahun 2014.

Usai merilis debut single, Jessica memutuskan untuk melanjutkan pendidikan dan karir musiknya di Boston, Massachusetts pada tahun 2015. Jessica juga berkuliah di Berklee College of Music yang bergengsi dengan Penghargaan Beasiswa Tur Asia, dan kemudian lulus pada tahun 2018 dengan gelar Sarjana Summa Cum Laude dalam Penulisan Lagu.

"Boston adalah salah satu kota di Amerika yang terkenal dengan perkembangan industri musiknya. Dan memang dari dulu saya berangan-angan untuk bisa sekolah di Berklee College of Music serta meneruskan studi saya di jurusan musik, lebih tepatnya Songwriting. Setelah lulus, banyak kesempatan performing dan tawaran kerja yang lumayan menarik jadi saya putuskan untuk berkarir di sini. Bersyukur banget bisa mendapat support dari banyak orang dan bisa terus meniti karir walaupun jauh dari tanah air," ujar Jessica Nathania dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menetap

Kini penyanyi-penulis lagu  yang sudah menetap di Boston dan memiliki suara R&B / Pop Soul-nya  yang digambarkan sebagai “soulful”, “fresh”, dan komersial” tersebut telah tampil di berbagai acara. Tidak hanya sebatas festival, dan saluran radio/tv di seluruh Massachusetts dan New York, tetapi juga termasuk Sofar Sounds Boston dan New York, Rough Sweater Radio, AM Garden Show, dan bahkan diundang untuk tampil di Markas Besar PBB di Kota New York. 

Pada tahun 2017 ia merilis "Solitude" sebagai kolaborasi dengan CHLMTE, produser yang berbasis di Atlanta. Setahun kemudian Jessica merilis EP debutnya bertajuk, "Fragile" bersama dengan single "Valentine" yang menampilkan musisi dan rapper Michael Hung. 

Di masa pandemi, Jessica masih bisa menemukan cara untuk menyalurkan kreativitasnya dan merilis musiknya. Ia berkolaborasi dengan Sidney Mohede dan Art of Worship dalam sebuah lagu original berjudul “Engkau Baik”. Ini adalah kolaborasi global yang dilakukan dari jarak jauh dengan menampilkan musisi dari seluruh dunia – termasuk produser/arranger/keyboardist Yaahn Hunter Jr. di Los Angeles (California), The Budapest String Orchestra di Hongaria, Sidney Mohede di Indonesia, dan Jessica Nathania di Boston (Massachusetts). 

 

3 dari 4 halaman

Kolaborasi

Jessica juga berkesempatan berkolaborasi dengan penyanyi/penulis lagu Singapura Bitty, dalam lagunya yang berjudul “(We Used To Be) S O C L O S E”. Ini juga dilakukan dari jarak jauh, dengan Jessica di Boston dan Bitty di Singapura, mereka menggunakan piranti Zoom untuk mengerjakan lagu dan produksi bersama. Lagu ini telah tersedia di semua platform streaming.

Dengan industri musik dan konser-konser di dunia musik dibuka kembali, Jessica saat ini kembali ke jalan untuk tour di seluruh Pantai Timur di Amerika Serikat, tampil dengan band "The Hub", dan menyelesaikan albumnya yang akan segera dirilis. 

"Album debut yang akan dirilis menampilkan dulu single "Thank You". Di sini saya bekerja sama dengan produser yang berbasis di Jepang Yoshi Kodate. "Thank You" menonjolkan gaya penulisan lagu yang unik dan penuh perasaan, dengan vokal Pop/R&B yang segar berpadu secara harmonis dengan aransemen upbeat dan groovy,” beber Jessica.

 

4 dari 4 halaman

Babak Baru

Lagu ini dibuat dengan atmosfer yang menyenangkan dan ceria namun dewasa dan jujur . Semoga single barunya  ini akan menandai babak baru dalam perjalanan musik Jessica dan debut album sebagai comeback-nya.

"Bagi saya, album ini akan menjadi sebuah bukti fisik hasil jerih payah dari semua musisi yang terlibat dan akan sangat saya banggakan. Album ini juga mengilustrasikan perkembangan diri dan perjalanan karir saya selama ini. Semoga debut album saya bisa menyentuh hati para pendengar dan bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini