Sinopsis Money Heist: Korea - Joint Economic Area, Rencana Mencuri Uang yang Bahkan Belum Ada

Oleh Ratnaning Asih pada 22 Mei 2022, 14:30 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 14:30 WIB
Money Heist: Korea - Joint Economic Area. (Netflix)
Perbesar
Meski memiliki benang merah dengan serial aslinya, banyak muatan lokal yang diselipkan dalam Money Heist: Korea - Joint Economic Area. (Netflix)

Liputan6.com, Jakarta Netflix akhirnya mengumumkan judul resmi dan tanggal penayangan Money Heist versi Korea. Bertajuk Money Heist: Korea - Joint Economic Area, adaptasi dari serial Spanyol berjudul asli La Casa de Papel (Money Heist), ini siap tayang 24 Juni mendatang. 

Sebulan jelang tayang, Netflix merilis teaser perdana serial ini.

Meski memiliki benang merah dengan serial aslinya, banyak muatan lokal yang diselipkan dalam versi Korea ini, setidaknya terlihat dari sinopsis resmi yang dilansir dari keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Semua bermula dari proses reunifikasi Korea Utara dan Korea Selatan yang sudah di depan mata. Didirikan Percetakan Uang Unifikasi Korea untuk menghasilkan sebuah mata uang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Menciptakan Ketimpangan

Money Heist: Korea - Joint Economic Area Part 1 (Foto: Netflix)
Perbesar
Money Heist: Korea - Joint Economic Area Part 1 (Foto: Netflix)

Meski awalnya diharapkan dapat menjadi dasar untuk serikat ekonomi yang stabil, hal ini justru menciptakan ketimpangan besar bagi banyak orang. “Yang kaya makin kaya,” ujar salah satu karakternya. 

Bertekad menghadapi dunia yang tak adil, sekelompok pencuri-termasuk mantan prajurit dari Utara bernama Tokyo- bersatu di bawah arahan sang pemimpin yang dikenal dengan nama Profesor.

Bersama-sama mereka menyusun rencana untuk menjalankan sebuah perampokan besar-besaran yang belum pernah terjadi: mencuri uang yang bahkan belum ada. 


Sentuhan Khas Korea

Tentu saja rencana mereka tak berjalan semulus itu. Mereka menghadapi satuan tugas gabungan yang dipimpin Spesialis Negosiasi Korea Selatan Seon Woojin dan agen Korea Utara Cha Moohyu. 

 “Premis cerita yang bertemakan mata uang bersama dan percetakan uang yang dibangun di Area Keamanan Bersama (yang memisahkan Korea Utara dan Korea Selatan saat ini) akan memberi sentuhan unik dan khas Korea pada kisah aslinya," kata penulis Ryu Yong Jae. 

 


Topeng Tradisional Hahoe

Sementara itu, video teaser yang berdurasi hampir 1,5 menit ini telah memperkenalkan sejumlah karakter di Money Heist versi Korea. 

Beberapa di antaranya adalah Profesor (Yoo Ji Tae), Tokyo (Jung Jong Seo), dan Berlin (Bintang Squid Game Park Hae Soo).

Mereka mengenakan jumpsuit merah ikonis dari serial aslinya. Bedanya, mereka bukan memakai kedok pelukis Salvador Dali, melainkan topeng tradisional Korea Hahoe. 

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya