Sukses

Kunto Aji Bebaskan Lagunya Digunakan Tanpa Bayar Royalti, Asal Bukan untuk Komersial

Kunto Aji memberikan beberapa contoh penggunaan lagu yang bebas dari royalti. Di antaranya adalah untuk keperluan tugas, lagu latar untuk dokumentasi perjalanan, bahkan hingga video pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta Masalah mengenai cover dan royalti sebuah lagu beberapa waktu lalu sempat ramai menjadi perbincangan. Di tengah ramainya masalah tersebut, Kunto Aji memberikan pernyataan terkait penggunaan lagunya.

Kunto Aji menyatakan tak pernah meminta royalti atas penggunaan lagunya oleh masyarakat luas. Dengan catatan, penggunaan lagu itu tidak bertujuan untuk komersial.

Kunto Aji memberikan beberapa contoh penggunaan lagu yang bebas dari royalti. Di antaranya adalah untuk keperluan tugas, lagu latar untuk dokumentasi perjalanan, bahkan hingga video pernikahan. Sekali lagi, selama hasilnya tidak dipergunakan untuk mendapatkan keuntungan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mempersilakan

"Teman-teman semua yang ingin menggunakan lagu saya, selama itu bukan untuk keperluan komersial, sekali lagi saya sampaikan, silakan," tulis Kunto Aji tulis Kunto Aji di Instagram-nya beberapa waktu lalu.

"Tugas kampus, video wedding, pre-wed, liburan, sampai video iseng jalan-jalan asal tidak di-monetize, silakan saja," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Kirim Saja Hasilnya

Malahan, Kunto Aji mempersilakan untuk menunjukkan hasil karya mereka yang menggunakan lagu Kunto Aji tersebut.

"Kalau mau DM saya, kirim saja hasilnya, kalo saya suka saya bilang bagus, kalo gak ya paling diam saja," sambung Kunto Aji.

 

4 dari 4 halaman

Banyak yang Bertanya

Pernyataan ini disampaikan Kunto Aji untuk merespons banyaknya pertanyaan di Instagram-nya terkait izin penggunaan lagunya untuk hal-hal pribadi.

"Nyawa lagu, hadir dari interpretasi pendengarnya. Alias capek juga balesin dm satu-satu nanya ini. Aku tau hari itu spesial bagimu, tugas itu penting untuk kehidupanmu, maka dari itu ini ya," tulis Kunto Aji sebagai caption dalam unggahannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.