Drakor Rose Mansion Dituduh Lakukan Kekerasan kepada Kucing, Tim Drama Minta Maaf

Oleh Ratnaning Asih pada 21 Mei 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 13:00 WIB
Rose Mansion. (tvIng via Soompi)
Perbesar
Tim drakor Rose Mansion mengaku pakai kucing betulan karena keterbatasan teknis untuk menggunakan CGI. (tvIng via Soompi)

Liputan6.com, Seoul - Drama Korea Rose Mansion yang dibintangi Lim Ji Yeon dan Yoon Kyun Sang mendadak jadi perbincangan. Terutama karena sebuah adegan yang dimuat dalam episode keempat yang tayang pada 13 Mei lalu.

Tim produksi drakor ini dituduh telah melakukan kekejaman terhadap hewan, saat menampilkan adegan pembunuhan seekor kucing. Dilansir dari Korea Times, Sabtu (21/5/2022), tudingan ini disampaikan oleh organisasi pecinta hewan Korea Animal Rights Advocates atau KARA.

"Kucing tersebut tampil beberapa kali dalam adegan yang dimaksud, dan tak jelas apakah pengambilan gambar diambil dengan kucing yang sesungguhnya atau hanya CGI (computer-generated imagery)," begitu pernyataan KARA dalam unggahan mereka di Instagram.

Ditampilkan pula sejumlah adegan drakor yang dimaksud. Termasuk saat sang aktor mencengkeram bagian leher kucing, dan mengangkatnya dekat dengan pisau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Terlalu Jelas

Unggahan KARA soal drakor Rose Mansion. (Instagram/ animal_kara)
Perbesar
Unggahan KARA soal drakor Rose Mansion. (Instagram/ animal_kara)

KARA menjelaskan bahayanya adegan ini ditayangkan kepada publik. Apalagi, kata KARA, tindakan membunuh maupun suara dalam adegan ini ditampilkan dengan sangat jelas.  

"Kejahatan kekerasan kepada hewan kini semakin kejam dan banyak kucing di dunia nyata yang terbunuh... Hal sensasional seperti ini sama sekali tidak penting untuk ditampilkan secara detail dalam drama," kata mereka. 

Tim produksi drama meminta maaf atas kontroversi ini, tapi membantah adalah kekerasan saat syuting.


Sebut Tak Ada Kekerasan

Yoon Kyun Sang dalam Rose Mansion. (tvIng via Soompi)
Perbesar
Yoon Kyun Sang dalam Rose Mansion. (tvIng via Soompi)

"Tak ada kekerasan yang terjadi sepanjang syuting. Karena keterbatasan teknis seperti CGI, kami menggunakan kucing betulan yang telah dilatih untuk adegan ini. Pakar hewan memastikan kucingnya tetap aman. Namun kami meminta maaf karena menimbulkan masalah ini dan membuat pemirsa tak nyaman," begitu kata mereka. 

Pihak drakor juga memastikan adegan bermasalah itu akan dihapus, dan diunggah ulang untuk platform streaming. 

"Kami juga akan mematuhi aturan baru dari pemerintah mengenai keamanan dan hak hewan di masa mendatang," tambah mereka. 


Sinopsis Rose Mansion

Rose Mansion sendiri adalah drakor terbaru TVIng yang bergenre mister. Ceritanya berkisah tentang Ji Na (Lim Ji Yeon) yang mencari kebenaran di balik hilangnya saudari perempuannya. 

Bersama detektif Min Soo (Yoon Kyun Sang), ia menyelidiki lingkungan penghuni apartemen yang dari luar tampak biasa saja, tapi banyak menyembunyikan hal mencurigakan di belakang. 

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Perbesar
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya