Ahli Medis Soroti Pengakuan Iqlima Kim soal Mulut dan Hidungnya Mengeluarkan Darah: Harusnya Sudah Masuk Rumah Sakit

Oleh Hernowo Anggie pada 18 Mei 2022, 10:20 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 10:26 WIB
Iqlima Kim.
Perbesar
Iqlima Kim, mantan asisten pribadi Hotman Paris, yang mengaku dilecehkan berkoar di medsos mengalami penyakit aneh. (11/5/2022). (Foto: Dok. Instagram @iqlimakim_)

Liputan6.com, Jakarta - Iqlima Kim, mantan asisten pribadi Hotman Paris, bikin heboh di media sosial. Ia sempat mengunggah momen saat dirinya mengeluarkan darah dari bagian hidung dan mulutnya.

Momen tersebut diunggah Iqlima Kim melalui fitur di Instagram Stories miliknya, baru-baru ini. Dalam unggahannya, Iqlima Kim juga menyebut dirinya mengalami penyakit aneh dan serangan misterius yang tak dapat dijelaskan secara medis.

Unggahan Iqlima Kim soal mengeluarkan darah dari bagian hidung serta mulutnya kemudian disimak oleh ahli medis. Adalah dr. Erfen Gustiawan Suwangto, Sp.KKLP, SH, MH (Kes) dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya yang menyoroti kejadian itu.

Ia meragukan jika Iqlima Kim benar-benar mengeluarkan darah dari bagian hidung dan mulutnya. "Harus dites itu darah atau bukan," kata dr. Erfen melalui pesan singkat kepada pewarta di Jakarta, Selasa, 17 Mei 2022.


Masuk Rumah Sakit

Iqlima Kim mengunggah momen dirinya mengeluarkan darah dari bagian hidung dan mulut melalui Instagram Stories
Perbesar
Iqlima Kim mengunggah momen dirinya mengeluarkan darah dari bagian hidung dan mulut melalui Instagram Stories

Dr. Erfen mengatakan, darah yang keluar melalui hidung dan mulut seharusnya mendapatkan penanganan serius dari rumah sakit.

Ia mempertanyakan sikap Iqlima Kim yang membiarkan darah mengucur dari bagian hidung dan mulutnya tanpa memeriksakan diri ke rumah sakit. Sebab, kata dr. Erfen, apa yang dialami Iqlima Kim sudah masuk dalam kategori pendarahan.

"Lagipula dengan pendarahan seperti itu sudah seharusnya masuk rumah sakit. Mimisan juga maksimal 10 menit, kalau tidak berhenti harusnya ke rumah sakit karena kedaruratan," dr. Erfen menjelaskan.


Penyakit Aneh

Iqlima Kim dari asisten pribadi Hotman Paris
Perbesar
Iqlima Kim dari asisten pribadi Hotman Paris

Sebelumnya, Iqlima Kim berkoar di medsos mengalami penyakit aneh. Diduga, penyakit ini kiriman istri seseorang. Spekulasi lain menyebutnya kena santet.

Jumat (13/5/2022), beredar kabar penyakit aneh yang diidapnya adalah santet. Bahkan, sejumlah netizen Tiktok merespons video konten dengan berspekulasi bahwa Iqlima Kim meninggal dunia.

Tak mau isu santet dan meninggal dunia makin liar, Iqlima Kim menyampaikan klarifikasi lewat Instagram Stories pada hari yang sama.


Non Medis

Unggahan Iqlima Kim. (Foto: Dok. Instagram @iqlimakim_)
Perbesar
Unggahan Iqlima Kim. (Foto: Dok. Instagram @iqlimakim_)

Ia mengklaim tak pernah bilang kena santet. “Aku enggak pernah bilang disantet please. Aku bilang nonmedis,” tulis Iqlima Kim sembari menyertakan tangkapan layar headline media daring yang menyebutnya muntah darah dan belatung karena santet.

“Alhamdulillah keadaanku berangsur membaik. Terima kasih banyak untuk teman-teman yang sudah ikut serta mendoakan. Semoga doa baik itu kembali kepada kalian, amin,” ia menyambung.

Unggahan berikutnya menampilkan klarifikasi bahwa penyakit aneh yang dimaksud adalah sakit nonmedis. Sebagian orang menyebutnya sebagai ain atau penyakit yang timbul dari pandangan mata orang lain.

Infografis Tips Pilih Masker Medis Asli dan Aman Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Perbesar
Infografis Tips Pilih Masker Medis Asli dan Aman Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya