Sukses

Daun Jatuh Sorot Pengalaman Pahit Jatuh Cinta dengan Sahabat Lewat Single Bungkam

Lagu baru Daun Jatuh ini bercerita mengenai seseorang yang menahan untuk mengungkapkan apa yang ia rasakan selama ini kepada sahabatnya.

Liputan6.com, Jakarta Grup folk-pop asal Tangerang, Daun Jatuh, baru saja merilis lagu terbaru berjudul "Bungkam". Lagu dengan  lirik puitis ini terinspirasi dari kisah pribadi salah satu personel band beranggotakan 6 orang ini.

Mufti, gitaris Daun Jatuh, menjelaskan maksud dari lagu "Bungkam". Menurutnya, lagu ini bercerita mengenai seseorang yang menahan untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya selama ini kepada sahabatnya.

"Sebenarnya ini terinspirasi dari salah satu personel kami. Ia menyimpan rasa kepada sahabatnya dan menahan untuk mengungkapkan apa yang ia rasakan kepada sahabatnya. Tapi ia takut setelah ia mengungkapkan, apa yang ia rasakan semua akan berubah berantakan," katanya dalam siaran pers tertulisnya, Jumat (13/5/2022).

"Bungkam" diciptakan oleh Daun Jatuh dan diproduseri oleh Ibnu Dian dari Matter Halo. Berdurasi 5 menit, lagu ini dibuka dengan petikan gitar akustik. Paduan suara Verrel, sang vokalis, dengan lirik yang puitis juga instrumen yang minimalis khas Daun Jatuh, membuat lagu ini terdengar begitu sedih.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna Lagu

Verrel menambahkan seputar cerita di balik pembuatan lagu terbaru mereka. Agar lebih menghayati proses, El, biasa ia dipanggil, meminta semua personel untuk membayangkan berada di situasi yang sama.

"Saat menulis, kami membayangkan rasanya jatuh cinta kepada sahabat kami sendiri, bagaimana rasanya berada di situasi tersebut. Jadi banyak perspektif yang muncul pada malam itu tentang menahan rasa kepada sahabat sendiri," ucapnya.

Grup yang memiliki fanbase dengan sebutan Hamparan Hijau berharap lagunya bisa diterima dengan baik.

“Harapan kami semoga lagu ini bisa mewakilkan perasaan orang-orang di luar sana yang merasakan sakitnya menahan untuk mengungkapkan apa yang mereka rasakan,” ujar Verrel.

3 dari 4 halaman

Video Lirik

video lirik yang dirilis bersamaan pada 13 Mei lalu bisa disaksikan di kanal Youtube Daun Jatuh. Lagunya juga sudah bisa didengar di seluruh digital streaming platform favorit.

"Bungkam" merupakan single keempat yang dikeluarkan Daun Jatuh bersama label rekaman Warner Music Indonesia.

Sebelumnya, mereka telah merilis "Malang", "Tak Selaras", dan "Momen" yang mendapatkan respon baik dari para penggemarnya.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Daun Jatuh

Daun Jatuh adalah grup folk-pop asal Tangerang dengan anggota: Verrel Alvirizky (vokalis), Timothy Gunung Tua (gitaris), Jessen Nathanael (drummer), William (bassist), Mufti Ahmad Fadilah (gitaris), dan Azriel Ismail (keyboardist).

Mereka dikenal melalui lagu “Resah Jadi Luka” yang mendapatkan perhatian besar berkat viral di platform media sosial TikTok dengan lebih dari 200 ribu UGC videos dan total 1.5 milyar video views . Lagu ini juga sempat bercokol di chart Top 200 Spotify Indonesia dengan lebih dari 37,5 juta streams di platform tersebut sejauh ini.

Filosofi nama “Daun Jatuh” berasal dari bagaimana setiap anggota grup ini bertemu dari grup-grup mereka sebelumnya yang sudah bubar, kemudian tumbuh lagi dari awal--layaknya daun-daun yang berjatuhan, terhubung, kemudian tumbuh kembali.

Daun Jatuh dikenal lewat musik yang ramah telinga, dipadukan dengan lirik kuat serta suasana yang fokus pada mood lagunya. Karya-karya mereka membawa pendengar untuk merasakan perasaan puitis ketika menikmatinya. Konsep minimalis ini kemudian menjadi khas bagi Daun Jatuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.