Drakor Tomorrow Dikritik Gara-Gara Pakai Nama dan Tanggal Lahir Member BTS di Daftar Orang Meninggal

Oleh Ratnaning Asih pada 17 Mei 2022, 15:40 WIB
Diperbarui 17 Mei 2022, 15:40 WIB
Tomorrow. (MBC via Soompi)
Perbesar
Cuplikan adegan drakor Tomorrow yang menggunakan data member BTS langsung menuai reaksi dari warganet. (MBC via Soompi)

Liputan6.com, Jakarta Drama Korea Tomorrow kini tengah menjadi sorotan di kalangan Army, alias para penggemar BTS. Penyebabnya adalah satu adegan singkat yang menampilkan sejumlah anggota grup idol K-Pop ini secara tak langsung.

Aslinya, nama Jimin dkk memang sering muncul di drakor. Hanya saja dalam drama MBC tersebut, mereka "dimunculkan" dengan cara yang dianggap tak layak. Data dua anggota BTS, yakni V dan juga Kim Jungkook, digunakan dalam daftar orang-orang yang sudah meninggal.

Dilansir dari Koreaboo, Selasa (17/5/2022), dalam salah satu adegan diperlihatkan cuplikan dokumen bertajuk "Registrasi untuk Masuk Alam Baka." Dalam tangkapan layar yang diambil dan dibagikan oleh warganet, terlihat bahwa salah satu dalam daftar tersebut adalah "Kim Tae Hyung" yang merupakan nama asli dari V BTS.

Selain itu, digunakan pula tanggal lahir V dan hanya diubah tahunnya dari 1995 menjadi 1971.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jungkook

Tangkapan layar drakor MBC Tomorrow yang menampilkan data personel BTS. (Via Koreaboo)
Perbesar
Tangkapan layar drakor MBC Tomorrow yang menampilkan data personel BTS. (Via Koreaboo)

Tak cuma V BTS, data milik Jungkook juga ditampilkan dalam adegan ini. Yang digunakan adalah tanggal persis ulang tahun sang pelantun "Butter" yakni 1 September 1991. 

Namun nama dalam daftar tersebut bukanlah sang maknae, tapi ditampilkan sebagai Kim Yoo Rim. 


Warganet Marah dan Kecewa

BTS. (Twitter/ bts_bighit)
Perbesar
BTS. (Twitter/ bts_bighit)

Cuplikan adegan tersebut langsung menuai reaksi dari warganet, yang sebagian besar menyayangkan bahkan marah atas hal ini. 

"Wow aku mengerti mengapa para penggemar betul-betul marah," kata seorang warganet Korea. 

"Niatnya sudah terlihat dengan sangat jelas, tapi ini maksudnya apa? Apa mereka sedang cari perhatian? Kurasa kita harus menemukan siapa yang menulisnya dan mendapat penjelasan atas hal ini," kata warganet Korea lain. 

"Aku baru menemukan soal nama BTS yang disebut-sebut di Tomorrow...Aku enggak menyadarinya saat menontonnya, karena hal yang tertulis itu tak secara langsung berkaitan dengan plot, aku juga suka banget dengan acara ini, jadi aku sangat kecewa...." cuit akun Twitter @BTStranslation yang mendapat hingga 15 ribu tanda suka. 


Spekulasi Lama Bersemi Kembali

Selain itu, spekulasi lawas bahwa MBC "mendendam" kepada BTS dan HYBE--perusahaan yang menjadi induk agensi grup ini--kembali mengemuka. 

Tahun 2019, warganet menduga bahwa MBC membalas dendam kepada sejumlah saudara seagensi BTS seperti TXT dan GFriend, dengan tidak memberi mereka tempat untuk tampil di Gayo Daejejeon. Konon, ini karena RM dkk tidak bisa menghadiri acara akhir tahun stasiun TV tersebut.

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Perbesar
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya