TikTokers Vina Muliana Beberkan Tips Berkarier Bagi Fresh Graduate

Oleh Hernowo Anggie pada 15 Mei 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 15 Mei 2022, 17:30 WIB
Vina Muliana adalah HR Senior Associate di BUMN dan peraih TikTok Awards 2021.
Perbesar
Vina Muliana adalah HR Senior Associate di BUMN dan peraih TikTok Awards 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai TikTokers, Vina Muliana banyak memberi pengetahuan dan wawasan terkait dunia kerja kepada followersnya. Tips dari perempuan yang bekerja sebagai HR Senior Associate BUMN seringkali jadi acuan.

Melalui aplikasi TikTok, Vina Muliana membedah tips dan cara mudah bagi para pencari kerja untuk bisa mendapatkan pekerjaan idaman. Seringkali, tips dan cara-cara yang disampaikannya berujung pada keberhasilan pencari kerja mendapatkan pekerjaan impian.

Namun bagaimana peluang kerja bisa dengan mudah didapatkan para pencari kerja baru atau lazim disebut fresh graduate. Khusus untuk masalah ini, Vina Muliana menjabarkannya melalui diskusi online yang diikuti banyak peserta.

"Para fresh graduate disebut sebagai pencari kerja yang sedang memasuki tahap awal dalam berkarier. Tentunya diperlukan langkah-langkah yang cermat," kata Vina Muliana dalam diskusi online yang digelar bersama Sribuu dengan tema #BukaKuasa di Dunia Kerja: Sukses Berkarier ala Vina Muliana, baru-baru ini.

 

 


3R untuk Menentukan Minat Karier

Vina Muliana dalam diskusi online yang digelar bersama Sribuu dengan tema #BukaKuasa di Dunia Kerja: Sukses Berkarier ala Vina Muliana
Perbesar
Vina Muliana dalam diskusi online yang digelar bersama Sribuu dengan tema #BukaKuasa di Dunia Kerja: Sukses Berkarier ala Vina Muliana

Tidak langsung menemukan passion-nya, ternyata Vina juga sempat merasa salah memilih jurusan perkuliahan. Bagi kamu yang merasakan hal yang sama, Vina memberikan tips untuk menentukan bidang karier yang ingin kamu pilih. 

Pertama lakukan Research, cari tahu lebih lanjut tentang bidang karier yang sekiranya menarikbagi kamu. "Bisa dengan cara mencari referensi dari internet, sampai berbincang denganorang lain yang menekuni bidang tersebut," katanya.

Yang kedua, Reflect. Tinjau kembali bidang karier yang akan kamu ambil. "Jadi pastikan sesuai dengan kompetensi dan minat," kata Vina. Dan ketiga Realign, Yakinkan lagi bahwa bidang karier yang akan kamu ambil sudah sesuai dengan tujuan yang kamu inginkan.

 


Menerapkan 3C

Vina Muliana (Foto: Instagram/vinamuliana)
Perbesar
Vina Muliana (Foto: Instagram/vinamuliana)

Menjawab salah satu pertanyaan dari audiens, Vina memberikan tips 3C untuk para fresh graduate yang sudah siap untuk terjun ke dunia karier.  Dimulai dengan Clarity, kemampuan untuk mengidentifikasi arah minat karier. 

Untuk dapat melakukan ini, Vina menyarankan untuk menyisihkan waktu untuk ngobrol dengan dirisendiri, dan berdiskusi dengan orang terdekat. Yang kedua adalah Competitiveness, yaitu bagaimana kita dapat bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar kerja lainnya. 

"Hal ini bisa ditingkatkan dengan mengikuti webinar, kursus, volunteer, dan juga magang," kata Vina. Yang terakhir adalah Connections, yaitu membangun relasi. 

“Relasi ini jangan teman-teman anggap harus punya kenalan manager di perusahaan A,B,C, ya. Membangun relasi ini bisa dimulai dengan membangun hubungan baik dengan orangterdekat seperti dosen, senior, teman kuliah, atau bahkan saudara,” jelas Vina.

 

 


Orang Dalam

Vina Muliana (Foto: Ist)
Perbesar
Vina Muliana (Foto: Ist)

Sebutan ‘Orang Dalam’ di dunia bekerja sering kali dianggap menjadi suatu hal yang negatif. Padahal nyatanya memiliki ‘Orang Dalam’ di suatu perusahaan tidak selalu menjadi satu-satunya faktor yang memengaruhi kesuksesan seseorang mendapatkan suatupekerjaan atau promosi.

"Jangan pernah berpikir bahwa orang yang punya ‘orang dalam’ ini bisa langsung masuk ke suatu perusahaan tanpa prosedur," katanya. 

Karena di perusahaan juga pengambil keputusannya bukan hanya satu orang saja, ada HR, user, dan masih banyak lagi. "Jadi kalau si pelamar pekerjaan yang memiliki ‘orang dalam’, ini juga tidak memenuhi kualifikasi perusahaan ya dia nggak akan bisa diterima kok,” kata Vina.

Ia menambahkan, ‘Orang Dalam’ ini bahkan sesuatu yang harus kita miliki saat memulai karier, maksudnya adalah kita harus memperluas networking atau koneksi, yang sudah dibahas di tips nomor dua tadi.

“Malah itu harusnya menjadi PR kalau kamu belum memiliki ‘orang dalam’, artinya networking kamu masih kurang. Kita semua itu pasti punya ‘orang dalam’ kok, kita aja yang terkadang belum bisa memaksimalkannya. Balik lagi konteks ‘orang dalam’di sini jangan dianggap negatif ya,” tambah Vina.

 

Infografis Subsidi Gaji Pekerja Biar Apa?
Perbesar
Infografis Subsidi Gaji Pekerja Biar Apa? (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya