Sukses

Ustaz Khalid Basalamah Beri Penjelasan Mengenai Ceramah Menonton Film di Bioskop Haram

Ceramah Ustaz Khalid Basalamah kembali diperbincangkan. Kali ini mengenai menonton film di bioskop yang ternyata haram.

Liputan6.com, Jakarta Ustaz Khalid Basalamah belakangan ini namanya kembali menjadi perbincangan warganet. Video lama tausiahnya yang menjawab tentang haramnya menonton film di bioskop kembali muncul di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun TikTok @hyungandina.

Dalam video tersebut, Ustad Khalid Basalamah melakukan sesi tanya jawab dengan jamaah yang hadir dalam kajiannya. Pertanyaan bisasanya ditulis dalam secarik kertas yang nantinya akan dijawab oleh pemilik nama lengkap Khalid Zeed Abdullah Basalamah di akhir tausiahnya.

Awalnya, ada seseorang jamaah yang menanyakan tentang hukum menonton film layar lebar dibioskop, meski film tersebut bertema religi. "Apakah hukumnya menonton bioskop, filmnya religi ustaz?” ucap Ustaz Khalid Basalamah membacakan pertanyaan dari jemaahnya dikutip Minggu (15/5/2022).

Dengan tegas Ustaz Khalid Basalamah menjawab pertanyaan itu, dan menyebut menonton film di bioskop hukumnya haram. Bukan tanpa alasan, sebab ada unsur-unsur dalam agama Islam yang melarang hal tersebut, yakni bercampurnya antara pria dan wanita yang bukan muhrim dalam satu tempat.

"Haram, tetap haram. Masuk bioskop ada musik, campur baur perempuan laki-laki, duduk bersebelahan, gelap,” jelas dia dalam video tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membaca Buku

Tak dipungkiri oleh Ustaz Khalid, menonton film di bioskop adalah hal yang menyenangkan. Namun ia pun mempertanyakan apakah hidup seseorang akan bermasalah bila tak menonton film di bioskop.

Menurutnya, lebih baik di rumah membaca buku atau Alquran yang malah mendatangkan ilmu dan pahala buatnya daripada menghabiskan waktu berjam-jam menonton film di bioskop.

"Kalau saya tidak ke bioskop kenapa? Enggak ada apa-apa. Mata tak buta, tangan tidak terpotong. Tidur di rumah, enak baca buku dapat ilmu. Minum susu, baca Alquran dapat pahala. Tidur, enak," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Saran Ustaz Khalid

Tak memaksa, Ustaz Khalid Basalamah menyarankan untuk meninggalkan hal tersebut secara perlahan. Daripada menghabiskan waktu menonton film di bioskop, ia menyarankan untuk banyak beribadah dan membaca Alquran.

"Coba antum mulai tinggalkan kebiasaan itu pelan-pelan. Awal-awal mungkin berat, tapi lama-lama antum akan sadar. Banyak jamaah saya begitu. Akhirnya mereka mengatakan apa yang ustaz sampaikan tentang masalah tinggalkan kemaksiatan ada tekanan-tekanan,” jelasnya.

4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Komentar beragam dituliskan oleh warganet yang menanggapi unggahan tersebut. Namun, banyak yang tidak setuju dengan pernyataan Ustad Khalid Basalamah dan membandingkannya dengan hal yang lain. 

"emg ada dalil nya tadz?," tulis akun @rxky.

"pantesan ayahku selalu ngelarang aku buat nonton bioskop:( tapi bodohnya aku ga tanya kenapa gaboleh nonton bioskop malah aku kekeh buat nonton🙏🥺😭.," tulis Nabila Lathifa.

"lah? sama aja kayak sekolah dong? di sekolah laki laki sama perempuan duduk sebelahan dalam 1 ruangan," tulis kaun @ridho ramadhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.