Sukses

Iqlima Kim Dikabarkan Meninggal Dunia dan Kena Santet, Ini Faktanya

Mantan asisten Hotman Paris yang mengaku dilecehkan, Iqlima Kim, dikabarkan kena santet dan meninggal dunia. Seperti apa faktanya?

Liputan6.com, Jakarta Iqlima Kim, mantan asisten pribadi Hotman Paris, yang mengaku dilecehkan berkoar di medsos mengalami penyakit aneh. Diduga, penyakit ini kiriman istri seseorang. Spekulasi lain menyebutnya kena santet.

Jumat (13/5/2022), beredar kabar penyakit aneh yang diidapnya adalah santet. Bahkan sejumlah netizen Tiktok merespons video konten dengan berspekulasi bahwa Iqlima Kim meninggal dunia.

Tak mau isu santet dan meninggal dunia makin liar, Iqlima Kim menyampaikan klarifikasi lewat Instagram Stories pada hari yang sama. Ia mengklaim tak pernah bilang kena santet.

Aku enggak pernah bilang disantet please. Aku bilang nonmedis,” tulis Iqlima Kim sembari menyertakan tangkapan layar headline media daring yang menyebutnya muntah darah dan belatung karena santet.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berangsur Membaik

Alhamdulillah keadaanku berangsur membaik. Terima kasih banyak untuk teman-teman yang sudah ikut serta mendoakan. Semoga doa baik itu kembali kepada kalian, amin,” ia menyambung.

Unggahan berikutnya menampilkan klarifikasi bahwa penyakit aneh yang dimaksud adalah sakit nonmedis. Sebagian orang menyebutnya sebagai Ain atau penyakit yang timbul dari pandangan mata orang lain.

3 dari 4 halaman

Sakit Nonmedis

Salah satu sakit nonmedis adalah penyakit Ain/ pandangan enggak hanya pandangan buruk. Bisa juga disebabkan dari pandangan kagum. Di sini mungkin sudah ada yang paham tentang penyakit Ain,” oceh Iqlima Kim.

Klarifikasi lain menampilkan tangkapan layar pertanyaan seorang netizen yang identitasnya disamarkan. “Kok ada beritanya si cewek meninggal muntah darah dan belatung? Hoax atau fakta min?” tanyanya.

 

4 dari 4 halaman

Aku Masih Hidup

Merespons ini, Iqlima Kim mencuit, “Ini juga enggak benar ya. Di TikTok juga ada yang komentar begini. Aku masih hidup alhamdulillah. Masyaallah aku berangsur sehat, yang meninggal itu penyakitnya (amin).”

Diberitakan sebelumnya, dugaan pelecehan seksual digemakan Iqlima Kim kepada Hotman Paris. Sang pengacara membantah dan membuka peluang membawa kasus ini ke pengadilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.