Aespa Masuk Daftar Next Generation Leaders Majalah Time, Berkat Black Mamba hingga Coachella

Oleh Ratnaning Asih pada 13 Mei 2022, 11:40 WIB
Diperbarui 13 Mei 2022, 11:40 WIB
Aespa. (Instagram/ aespa_official)
Perbesar
Majalah Time juga menyoroti pencapaian aespa di industri musik dunia, meski diskografi mereka terbilang masih belum begitu banyak.. (Instagram/ aespa_official)

Liputan6.com, Jakarta Girl group aespa kembali mendapat pengakuan internasional. Bukan kaleng-kaleng, kali ini pencapaian mereka disorot oleh media ternama Majalah Time. Dilansir dari Soompi, Jumat (13/5/2022), Time memasukkan Ningning aespa dkk dalam daftar "Next Generation Leaders," atau "Pemimpin Generasi Selanjutnya."

Daftar ini diisi oleh pesohor baru yang namanya meroket, dan diprediksi memiliki masa depan cerah. Selain aespa, nama-nama yang masuk dalam daftar ini adalah Chief Editor Kyiv Independent, Olga Rudenko, bintang Bridgerton Jonathan Bailey, hingga YouTuber Deepica Mutyala.

Ada sejumlah alasan Time mengikutsertakan aespa dalam daftar ini. Salah satunya adalah penampilan cemerlang mereka dalam festival musik akbar Coachella pada April lalu.

Time juga menyorot bahwa meski grup maknae alias bungsu di SM Entertainment tersebut berusia kurang dari dua tahun, grup ini dinilai sukses menjembatani jarak antara dunia virtual dan kenyataan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Konsep Metaverse

aespa. (SM Entertainment via Soompi)
Perbesar
aespa. (SM Entertainment via Soompi)

Dunia virtual memang telah menjadi konsep aespa sejak debut. Mulai dari keempat personelnya yang punya avatar masing-masing, dunia "Kwangya" hingga cerita soal kehidupan di dunia virtual ini, yang menjadi tema dalam lagu-lagu mereka. 

Kepada Time, Giselle sempat menerangkan tujuan dari grup mereka adalah "menormalisasi konsep metaverse sehingga penggemar dan publik menjadi lebih nyaman dengan gagasan ini."

 


Savage dan Black Mamba

aespa. (SM Entertainment via Soompi)
Perbesar
aespa. (SM Entertainment via Soompi)

Di luar soal konsep yang unik ini, Majalah Time juga menyoroti pencapaian aespa di industri musik dunia, meski diskografi mereka terbilang masih belum begitu banyak.

Mini album Savage, misalnya, debut pada urutan ke-20 di Billboard 200. Selain itu, video musik "Black Mamba" yang menandakan debut aespa pada 17 November 2022, juga mencapai angka 100 juta views dalam waktu 21 hari. Ini adalah pencapaian tercepat dibanding debut grup K-Pop lainnya.

Saat artikel ini ditulis, video musik "Black Mamba" sudah menembus 220 juta views.


Konser SM Town

Debut di masa pandemi Covid-19, memang diakui bahwa pengalaman aespa manggung di hadapan penggemar memang belum begitu banyak. Namun dengan membaiknya kondisi dunia, hal ini tampaknya akan segera berubah. 

SM Entertainment misalnya, April lalu mengungkap bahwa aespa akan menjadi salah satu artis yang tampil dalam konser agensi SM Town, yang digelar pertama kalinya setelah tiga tahun absen. 

Karina cs akan berdiri di Tokyo Dome, Jepang, pada 27-28 Agustus bersama para seniornya. 

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya