Sukses

Sandiaga Uno Mampir ke Cafe Dangdut di New York, Ada Fitri Carlina dan Influencer Top Amerika Serikat

Sandiaga Uno menyempatkan diri datang ke Cafe Dangdut milik Fitri Carlina dan influencer top Amerika Serikat yang berlokasi di Long Island City, New York pada Sabtu (7/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta Romy Sembiring, Fitri Carlina dan Dina Fatimah memperkenalkan Indonesia di luar negeri dengan cara membuka restoran atau kafe yang memiliki ciri khas Indonesia. Mereka pun telah menjadi founder yang mendirikan Cafe Dangdut di New York, Amerika Serikat.

Alhasil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno alias Sandiaga Uno, menyempatkan diri datang ke Cafe Dangdut yang berlokasi di 4502 23rd St, Long Island City, New York pada Sabtu (7/5/2022).

Setiba di sana, Sandiaga Uno pun mencoba racikan salah satu jenis kopi nusantara khas Cafe Dangdut sambil mengungkapkan kesannya.

“Saya bangga sekali karena produk lokal kita dapat memberikan warna bagi pecinta kopi di Amerika untuk bisa menikmati cita rasa khas kopi Indonesia. Hal ini juga dapat menjadi peluang kebangkitan ekonomi kita dengan berkolaborasi dalam menyambut tatanan ekonomi baru,” kata Sandiaga Uno.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menjadi Budaya

Ngopi dan musik dangdut adalah dua hal yang sudah menjadi budaya di Indonesia. Semangat inilah yang ingin ditularkan para founder Cafe Dangdut kepada masyarakat internasional, terutama di New York sebagai salah satu jantung kota dunia.

Romy Sembiring dan Dina Fatimah adalah pengusaha warga negara Indonesia yang lama menetap di New York.

Sementara itu, Fitri Carlina yang juga rekan mereka, dikenal sebagai penyanyi dangdut dan seorang pengusaha.

Mereka bertiga memiliki cita-cita yang sama, ingin memperkenalkan kopi Indonesia dan musik dangdut di Amerika.

 

3 dari 4 halaman

Potensi Mendunia

Indonesia selama ini dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi di dunia. Dari situ, diharapkan bahwa kopi Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mendunia.

“Kita lihat opportunity banyak sekali di Amerika dan New York juga, termasuk importir terbesar di Amerika mengenai kopi dan kita sebagai produsen terbesar di Indonesia,” jelas Romy Sembiring.

"Mengenai kopi, saya rasa Indonesia paling besar dari macam-macamnya. Jadi saya rasa perlu representatif dari Indonesia sendiri, salah satunya kopi Cafe Dangdut ini untuk kita bisa mempromosikan kopi dari Indonesia sendiri," lanjutnya.

Selain itu, Cafe Dangdut juga akan menjadi salah satu sentra pengenalan musik dan pernak-pernik dangdut di Amerika sesuai dengan namanya.

Tujuan jangka panjang dari kehadiran Cafe Dangdut adalah memfasilitasi kehadiran potensi pelaku ekraf atau artis Indonesia untuk meniti karier di Amerika melalui New York sebagai pusat industri musik dunia.

“Ya tentu saja selain minuman dan makanan khas Indonesia, di Cafe Dangdut juga akan memutarkan lagu-lagu atau video klip, dan nantinya pertunjukan show musik dangdut,” terang Fitri Carlina.

4 dari 4 halaman

Pembukaan Cafe Dangdut

Peresmian pembukaan Cafe Dangdut di New York pada Jumat (15/4/2022) melibatkan Konjen RI di New York, Dr. Arifi Saiman. Acara tersebut ikut dihadiri oleh beberapa influencer asal New York dan pimpinan diaspora Indonesia.

Sebelumnya, Café Dangdut sudah soft launching di Gedung WTC Financial Center New York pada September 2021 lalu.

Pemilihan lokasi Cafe Dangdut di 4502 23rd St, Long Island City, New York, juga sangat strategis karena dekat dengan stasiun kereta, sekolah, dan fasilitas umum penting lainnya di kota dunia itu.

“Pemilihan kota New York ini diharapkan nantinya pengembangan bisnis franchisenya akan jauh lebih konkret dan jauh visible dibandingkan Jakarta. Hal ini semata-mata nama New York sudah menjadi jaminan tersendiri dan merupakan pride yang dikenal di dunia,” terang Arifi Saiman.

Cafe Dangdut menyediakan racikan kopi Indonesia yang diolah sendiri. Selain itu, tersedia juga penganan berupa snacks dan bakery yang merupakan produk kerja sama dengan para diaspora di Amerika.

Cafe Dangdut kental dengan detail Indonesia yang juga terlihat di beberapa sudutnya. Cup kopi dari Cafe Dangdut juga unik dengan gambar peta Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.