Deretan Cameo Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang Sempat Dirumorkan tapi Akhirnya Tak Muncul

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 11 Mei 2022, 14:30 WIB
Diperbarui 11 Mei 2022, 14:30 WIB
Doctor Strange in the Multiverse of Madness. (Marvel Studios via AP)
Perbesar
Doctor Strange in the Multiverse of Madness. (Marvel Studios via AP)

Liputan6.com, Jakarta Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang telah dinanti-nanti akhirnya telah bisa dinikmati para pecinta film seluruh dunia, terutama para penggemar berat karakter Marvel. Sejumlah adegan mengejutkan pun memberikan pengalaman baru penonton sepanjang menyaksikan film ini.

Salah satunya adalah cameo sejumlah karakter tak terduga yang sempat menjadi rumor beberapa waktu lalu. Bahkan, beberapa bulan sebelum film ini tayang, internet sempat diramaikan oleh spoiler panjang yang membeberkan jalan cerita film kedua Doctor Strange yang masih dibintangi Benedict Cumberbatch ini.

Di dalam spoiler tersebut, terdapat rumor cameo beberapa karakter superhero Marvel yang disebut akan muncul di pertengahan film. Tak hanya karakter dari waralaba Marvel Cinematic Universe (MCU), beberapa tokoh dari serial maupun film-film Marvel di luar MCU serta karakter yang dibintangi aktor top Hollywood menjadi bagian dari spoiler panjang tersebut.

Namun setelah menonton filmnya, kebanyakan dari karakter yang dirumorkan rupanya tak muncul sama sekali. Meskipun, sebagian dari mereka memang tampil. Bahkan ada karakter dari film Marvel di luar MCU yang diperankan aktor yang cukup terkenal di Hollywood.

 


Konsep Multi Semesta

Doctor Strange in the Multiverse of Madness
Perbesar
Doctor Strange in the Multiverse of Madness (Marvel Studios)

Film kedua Doctor Strange ini merupakan bagian dari fase keempat Marvel Cinematic Universe yang mengusung konsep multi semesta. Sehingga wajar saja beberapa penggemar berharap spoiler berupa rumor karakter-karakter tersebut diwujudkan oleh Marvel Studios.

Beberapa dari penggemar pun tampak kecewa lantaran konsep multisemesta dari serial Loki, What If...?, dan film Spider-Man: No Way Home tak dilengkapi dengan cameo dari judul-judul tersebut.

Lalu, siapa saja karakter cameo yang dirumorkan akan muncul dalam Doctor Strange in the Multiverse of Madness namun akhirnya tak tampak sama sekali batang hidungnya di sepanjang film? Berikut deretannya.

Perhatian: Terdapat banyak SPOILER mulai dari halaman selanjutnya di bawah ini dan seterusnya.


1. Cameo Tom Cruise sebagai Iron Man

Tom Cruise
Perbesar
Tom Cruise

Rumor Tom Cruise bakal memerankan Superior Iron Man di Doctor Strange 2 sudah lama bergulir, bahkan sejak 2020 silam, jauh sebelum Spider-Man: No Way Home tayang.

Dalam rumor yang sempat beredar, Tom Cruise disebut memerankan Tony Stark versi urakan yang gemar merendahkan orang lain. Karakter ini juga dirumorkan sukses membunuh Thanos dan menjadikan kepalanya sebagai salah satu koleksi.

Ditambah lagi, di salah satu adegan trailer terdapat pasukan robot yang menahan Doctor Strange yang diduga itu adalah modifikasi Iron Legion milik Superior Iron Man.

Sayangnya, begitu film Doctor Strange 2 ditonton, Tom Cruise sama sekali tak terlihat batang hidungnya sebagai Tony Stark saat Strange diperkenalkan oleh Illuminati. 

Padahal dalam komiknya, Iron Man adalah anggota tetap Illuminati yang terbilang penting selain Profesor X.


2. Ryan Reynolds sebagai Deadpool

Ryan Reynolds Gandeng Istri Dipemutaran Khusus Film Deadpool 2
Perbesar
Ryan Reynolds Gandeng Istri di pemutaran Khusus Film Deadpool 2

Isu berembusnya Ryan Reynolds tampil sebagai cameo Deadpool dalam Doctor Strange 2 beredar setelah ia memamerkan sebuah foto dirinya mengenakan kostum superhero-nya.

Tak hanya itu, dalam foto yang kemudian dihapus itu, di belakang Ryan terdapat seorang kru film Doctor Strange 2.

Dalam spoiler panjang yang beredar, dirumorkan bahwa Deadpool akan muncul di klimaks film ketika Wanda menggunakan kekuatannya untuk menelusuri seluruh multisemesta yang membuat sejumlah karakter muncul di semesta MCU. Disebutkan lagi bahwa Deadpool hanya beraksi tanpa dialog.

Sayangnya, harapan penggemar atas rumor tersebut sirna lantaran Deadpool sama sekali tak menjadi bagian dari film Doctor Strange 2.

 


3. Tobey Maguire sebagai Spider-Man

Tobey Maguire
Perbesar
Tobey Maguire sebagai Spider-Man. (Sony Pictures)

Rumor lain yang membuat heboh para penggemar adalah kemunculan kembali Tobey Maguire sebagai Spider-Man setelah ia tampil dalam Spider-Man: No Way Home. Disebutkan bahwa Spider-Man versi Tobey ini akan muncul dalam kapasitas seperti Deadpool, hanya beraksi di klimaks film.

Sayangnya, Spider-Man juga sama sekali tak muncul di sepanjang film.


4. Loki, Sylvie, dan TVA

Poster Loki. (Marvel Studios via Instagram/ officialloki)
Perbesar
Poster Loki. (Marvel Studios via Instagram/ officialloki)

Rumor besar lainnya yang sangat diharapkan fans adalah kehadiran Tom Hiddleston dan Sophia Di Martino sebagai Loki dan Sylvie. Bahkan sempat beredar juga rumor sejumlah karakter TVA termasuk Mobius yang dimainkan Owen Wilson.

Harapan fans itu sangat dimaklumi lantaran serial Loki seolah digambarkan menjadi poin penting bagi konsep multi semesta yang diharapkan bisa memiliki konklusi besar di Doctor Strange 2.

Dalam rumornya, disebut bahwa Sylvie akan berada di tempat terakhirnya di serial Loki. Sementara anggota TVA dan Loki muncul sekilas dalam rangka merespons kekacauan multi semesta oleh Wanda.

Sayangnya, tentu saja cameo ini cuma rumor belaka dan konsep TVA sama sekali tak dijelaskan di Doctor Strange 2.


5. Cameo Magneto dan Anggota X-Men Versi Lawas

Serial Televisi X-Men Resmi Dikerjakan Fox
Perbesar
X-Men (Fox)

Cameo lain yang membuat fans bersiap-siap terkejut saat menonton Doctor Strange 2 adalah kehadiran beberapa karakter utama X-Men versi klasik, yakni Famke Jansen sebagai Jean Grey, Halle Berry sebagai Storm, James Marsden sebagai Cyclops, dan Hugh Jackman sebagai Wolverine.

Disebutkan bahwa mereka akan muncul memakai kostum kuning akurat seperti di dalam komik asli Marvel ketika tampil setelah mendapat panggilan dari Profesor X.

Bahkan, disebutkan juga bahwa Magneto yang diperankan Ian McKellen akan muncul sebagai anggota utama Illuminati dengan kostum yang juga lebih mirip di komik. Magneto juga sempat dirumorkan akan memiliki adegan bermain catur bersama Profesor X seperti di dalam film terdahulu.

Semua karakter tersebut bersama Profesor X dirumorkan bernasib nahas dengan tewas di tangan Wanda.

Sayangnya, lagi-lagi kehadiran mereka, kecuali Profesor X, sama sekali tak ditampilkan. Namun rumor Profesor X menggunakan kursi roda kuning seperti komik malah benar-benar diperlihatkan.

 


6. Fantastic Four Versi Lawas

Sinopsis Film Superhero The Fantastic Four Telah Dirilis
Perbesar
The Fantastic Four (FOX)

Rumor cameo besar lain yang diharapkan bisa mengundang nostalgia adalah kehadiran Fantastic Four versi 2005 yang terdiri dari Ioan Gruffudd sebagai Mister Fantastic, Jessica Alba sebagai Invisible Woman, serta Thing versi CGI yang tak melibatkan Michael Chiklis dan tanpa dialog.

Disebutkan bahwa Invisible Woman dan Thing muncul membantu Mister Fantastic setelah mereka mendapat kabar bahwa Johnny Storm alias Human Torch yang aslinya diperankan Chris Evans, pemeran Captain America, sudah tewas terlebih dahulu di tangan Wanda.

Ketiganya juga sempat dirumorkan menjadi superhero yang diperlihatkan tewas terlebih dahulu sebelum Wanda membantai anggota X-Men serta Profesor X dan Magneto.

Namun pada saat film tayang, penonton hanya diperlihatkan adegan Mister Fantastic seorang yang dibantai oleh Wanda.

Namun begitu rumor mengenai kehadiran John Krasinski sebagai Mister Fantastic benar adanya, Meskipun sang istri, Emily Blunt, yang dirumorkan muncul sebagai Invisible Woman sama sekali tak terlihat.

begitu juga dengan para pemain Fantastic Four versi 2005. Nostalgia pun pudar.


7. Hulk, Ghost Rider, dan Rombongan Cameo Lain

Selain nama-nama di atas, rumor lain yang beredar adalah kemunculan Hulk versi Eric Bana yang menjadi anggota utama Illuminati. Bahkan Bruce Campbell yang akhirnya menjadi cameo penjual pizza dirumorkan bakal menjadi Balder the Brave alias adiknya Thor yang juga anggota Illuminati.

Aktor-aktor lain yang juga sempat dirumorkan akan datang berombongan pada klimaks film Doctor Strange 2 sebagai superhero dalam film tersebut adalah Sophie Turner, Micheal Fassbender, James McAvoy, dan Alexandra Shipp dari film X-Men versi baru.

Selain itu, disebutkan juga bahwa akan muncul Wesley Snipes sebagai Blade, Edward Norton sebagai The Incredible Hulk versi 2008, Nicholas Cage muncul sebagai Ghost Rider, Liam Hemsworth muncul sebagai varian Thor, Thomas Jane sebagai War Machine/Punisher, para pemeran serial Agents Of Shield, Runaways, dan Cloak and Dagger.

 

Sayangnya tak ada satupun adegan dari rombongan cameo di atas yang dimunculkan saat film Doctor Strange 2 dirilis.

 


8. Cameo Robert Downey Jr.

Rumor cameo terakhir yang juga sempat berembus adalah Robert Downey Jr. yang disebut kembali sebagai Iron Man dengan kostum Mark III.

Disebutkan dalam rumornya bahwa Doctor Strange terharu melihat Tony Stark dari semesta lain yang wajahnya sama.

Keduanya disebut saling bermaafan dan berharap bisa menggantikan pengorbanan satu sama lain. Disebutkan bahwa pada penutup Endgame, dalam semesta Iron Man yang masih hidup ini, Doctor Strange-lah yang berkorban. Keduanya berpelukan dan bisa beranjak dari tragedi Endgame.

Tentu saja rumor di atas hanyalah dongeng belaka.

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi
Perbesar
Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya