Sukses

Sinopsis Gangubai Kathiawadi, Alia Bhatt Jadi Kupu-Kupu Malam yang Perjuangkan Martabatnya

Gangubai Kathiawadi yang dibintangi Alia Bhatt premiere di Berlin International Film Festival pada Februari 2022. Berikut sinopsis film Bollywood tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah film Bollywood berada di posisi puncak Top 10 Film di Netflix untuk kawasan Indonesia pada pekan kedua Mei 2022: Gangubai Kathiawadi. Film yang dibintangi Alia Bhatt ini memang bukan film biasa.

Disutradarai Sanjay Leela Bhansali, Gangubai Kathiawadi yang harusnya tayang perdana tahun lalu, akhirnya premiere di Berlin International Film Festival pada Februari 2022. Sang aktris utama, mendapat pujian atas performanya sebagai Gangubai yang mengalami beragam fase hidup.

Gangubai Kathiawadi sendiri diadaptasi dari salah satu bab di buku Mafia Queens of Mumbai. Meski bukunya menampilkan kehidupan tokoh nyata Gangubai Kothewali, seorang muncikari dan mantan PSK yang menjadi aktivis India, di awal film diwanti-wanti bahwa Gangubai Kathiawadi tak dimaksudkan sebagai sebuah biopik.

Berikut sinopsis film Gangubai Kathiawadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dijual Kekasih

Gangubai Kathiawadi dibuka dengan adegan yang memperlihatkan orang-orang di Kamathipura, daerah yang dikenal sebagai lokasi prostitusi di Mumbai, menaruh hormat kepada Gangubai (Alia Bhatt). Orang tak sungkan untuk menunduk dan memberi hormat kepada wanita yang berpakaian serbaputih itu.

Namun ia tak mendapat penghormatan seperti ini sejak awal. Seperti kisah banyak wanita lain di Kamthipura, Gangubai memulainya dengan sebuah kisah tragis. Awalnya, ia adalah Ganga, seorang wanita ceria dan sangat optimistis bisa meraih cita-citanya sebagai bintang film. 

Nasib berkata lain. Setelah kabur ke Mumbai, putri pengacara ini justru dijual ke rumah bordil dengan harga seribu rupee saja. 

3 dari 4 halaman

Rebut Rumah Bordil

Mau tak mau, Ganga menjalani kehidupannya sebagai kupu-kupu malam. Setelah melayani pelanggan pertamanya, ia menganggap Ganga telah tiada. Ia memakai nama baru yang disematkan oleh pria pertama yang memakai jasanya: Gangu. 

"Dia juga bilang suatu hari nanti aku akan menguasai Kamathipura," kata dia. Gangu percaya betul bahwa hal ini akan ia dapatkan suatu hari nanti. Keinginan pertamanya, merebut rumah bordil yang menaunginya dari sang muncikari, Bibi Sheela. 

4 dari 4 halaman

Cinta hingga Politik

Keinginannya ini tentu seperti meniti jalan terjal. Ia mendapat banyak tantangan, mulai dari Bibi Sheela yang berniat mencelakainya, hingga persaingan dalam pemilihan pemimpin Kamathipura. 

Belum lagi ia bertemu dengan seorang pria muda yang memikat hatinya, Afsaan (Shantanu Maheshwari), berhadapan dengan masa lalunya, hingga bersinggungan dengan dunia politik. 

Berhasilkah Gangubai meraih yang ia cita-citakan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.