Sukses

Kondisi Terkini Lokasi Asli KKN di Desa Penari Diungkap Sutradara, Tak Seperti Dulu Saat Terjadi Tragedi

Wawancara eksklusif dengan sutradara Awi Suryadi mengungkap kondisi terkini lokasi asli KKN di Desa Penari dan berapa persen kemiripan film dengan utasnya.

Liputan6.com, Jakarta KKN di Desa Penari tak henti jadi trending di jagat maya. Senin (9/5/2022), kata KKN Desa Penari asli viral dan diburu netizen +62. Mendengar ini, sutradara Awi Suryadi tampak syok.

“Serius trending lagi? Puji Tuhan,” cetusnya ketika dihubungi Showbiz Liputan6.com lewat telepon, pada hari yang sama. Mayoritas netizen mencari informasi lokasi asli KKN Di Desa Penari.

Spekulasi yang beredar, hutan yang dikisahkan dalam film adalah Alas Gumitir di kawasan Banyuwangi, Jawa Timur. Dikonfirmasi soal lokasi asli, Awi Suryadi enggan memberi jawaban detail.

“Dari awal pertemuan tatap muka dengan SimpleMan, hal pertama yang dia sampaikan ke saya adalah untuk merahasiakan lokasi aslinya. Karena itu permintaan kepala adat sana,” kata Awi Suryadi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Maju

Namun, sutradara Danur: I Can See Ghosts tak keberatan kala diminta membeberkan kondisi terkini lokasi asli Desa Penari. Ia menyebut, desa itu sudah maju tak seperti yang dikisahkan dalam film.

“Lagi pula kondisi desa itu sekarang sudah maju, tidak lagi seperti waktu kejadian dulu. Sudah ada listrik, rumah sudah tembok, dan lain-lain. Jadi memang kita perlu cari desa lain yang cocok (buat syuting),” ujarnya.

3 dari 4 halaman

90 Persen Setia

Awi Suryadi mengakui, lokasi syuting akhirnya pindah ke Gunung Kidul Yogyakarta. Hal lain yang bikin penasaran netizen +62 yakni berapa persen kemiripan film KKN di Desa Penari dengan utas aslinya.

“Bisa dibilang 90 persen setia dengan thread-nya. Dan kalau dari yang Simpleman sampaikan ke saya, thread-nya itu 80 persen kejadian nyata, dengan beberapa hal yang diubah,” Awi Suryadi memaparkan.

4 dari 4 halaman

Jumlah Peserta KKN

Baginya, perbedaan versi antara film dan cetak bukan hal baru mengingat tak semua elemen bisa diangkat dalam format audio visual. Mau tak mau ada beberapa hal yang mesti diubah atau disesuaikan.

“Seperti jumlah peserta KKN, wafatnya Ayu dan Bima dan lain-lain. Ini juga atas permintaan narasumber yang bersangkutan,” pungkasnya. KKN Di Desa Penari hingga kini masih tayang di bioskop.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.