Kim Kardashian Dikritik Gara-Gara Pakai Baju Ikonis Marilyn Monroe ke Met Gala

Oleh Ratnaning Asih pada 04 Mei 2022, 15:30 WIB
Diperbarui 04 Mei 2022, 15:30 WIB
Kim Kardashian di Met Gala 2022. (Evan Agostini/Invision/AP)
Perbesar
Kim Kardashian di Met Gala 2022. (Evan Agostini/Invision/AP)

Liputan6.com, Los Angeles - Kim Kardashian tentu tak absen menghadiri Met Gala 2022 yang baru digelar kemarin, Selasa (3/5/2022). Dalam perhelatan tahun ini yang memiliki tema "Gilded Glamour" tersebut, kekasih Pete Davidson ini mengenakan gaun istimewa.

Ia memakai gaun ikonis yang sebelumnya dikenakan mendiang Marilyn Monroe, saat menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Presiden John F Kennedy pada 19 Mei 1962. Gaun untuk momen yang dikenang sebagai "Happy Birthday, Mr. President" ini, dikenakan Marilyn Monroe tiga bulan sebelum ia meninggal dunia.

Didesain oleh Jean Louis, gaun ini seharga U$ 12 ribu, dan kabarnya memiliki desain sangat ketat. Tak heran, Kim Kardashian dikabarkan sampai harus menurunkan berat badan sampai tujuh kilogram.

Namun tindakan Kim memakai baju bersejarah ini menuai kritik dari pakar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Bertanggung Jawab

Kim Kardashian dan Pete Davidson di Met Gala 2022. (Evan Agostini/Invision/AP)
Perbesar
Kim Kardashian dan Pete Davidson di Met Gala 2022. (Evan Agostini/Invision/AP)

Dilansir dari People, Rabu (4/5/2022), profesor dari Fashion Institute of Technology Dr. Justine De Young, mengatakan bahwa tindakan ini "tak bertanggung jawab dan tak perlu dilakukan."

"Dia bisa--dan ia melakukannya--memesan replika yang sangat mirip dengan aslinya. Gaun ikonis yang merupakan bagian dari sejarah Amerika tak seharusnya mendapat risiko kerusakan, hanya untuk membesarkan ego dan untuk foto-foto," kata dia. 

Seperti diketahui, selama ini gaun tersebut disimpan di museum Ripley's Believe It or Not!, Florida, Amerika Serikat. 


Soal Diet

Kim Kardashian
Perbesar
Kim Kardashian (Chris Pizzello/Invision/AP)

Ia juga mengomentari upaya diet Kim Kardashian demi muat mengenakan gaun tersebut. Tindakan ini, kata dia, tak patut dicontoh. 

"Ngebut diet untuk bisa mengenakan gaun aslinya adalah pesan yang kurang baik, mengenai memaksakan (gambaran) ideal yang ada pada tahun 1960-an dengan yang ada sekarang," kata dia.  

Dr. De Young bukan satu-satunya orang yang mengkritisi hal ini. 


Ukuran Marilyn dan Kim

Scott Forner, sejarawan dan kolektor yang fokus dalam topik tentang Marilyn Monroe, mengatakan bahwa tindakan ini terbilang mengkhawatirkan. 

"Gaun ini dibuat secara khusus untuk Marilyn Monroe. Ini bukan pakaian yang dibeli jadi. Ini dibuat oleh desainer pemenang Academy Award Jean Luis, yang mendesain kostum untuk dua film terakhir Marilyn: The Misfits dan Something's Got to Give," tuturnya.

Ia menyatakan saat memesan gaun ini kepada sang desainer, aktris legendaris ini secara khusus menginstruksikan bahwa ia ingin mengenakan gaun yang bakal jadi legenda, dan "yang hanya bisa dikenakan Marylin Monroe." Marilyn berdiri tanpa sehelai pakaian, sementara gaun tersebut didesain mengikuti lekuk tubuhnya. 

"Dalam hal ini, ukuran Kim Kardashian berbeda dengan Marilyn. Secara logis, bisa diasumsikan bahwa kain dan jahitannya bisa tertarik," kata dia. 

 

 

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
infografis
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya