Sukses

Jenazah Aktris Mieke Wijaya Rencananya Dimakamkan Rabu Siang di TPU Tanah Kusir

Putri almarhumah Mieke Wijaya, Nia Zulkarnaen, mengumumkan rencana pemakaman sang ibunda.

Liputan6.com, Jakarta Dunia hiburan Tanah Air kembali dilanda duka atas meninggalnya Mieke Wijaya pada Selasa (3/5/2022) malam di usia 82 tahun. Aktris senior yang sudah berkiprah sejak era 1950-an ini meninggal dunia di usia yang ke-82 tahun.

Mengonfirmasi atas meninggalnya sang ibunda, sineas Nia Zulkarnaen turut menyampaikan kabar duka ini kepada awak media termasuk Showbiz Liputan6.com.

"BERITA DUKA CITA Innalillahi wainna ilaihi rojiiun Telah berpulang ke Rahmatullah dengan tenang, mama/oma/uyut kami tercinta Hj. Mieke Widjadja binti De Ryder, di usia 82 tahun. Pada hari selasa, 3 Mei 2022, Pukul 19.30 WIB," begitu isi kabar duka yang dikirim oleh Nia Zulkarnaen melalui pesan singkat di WhatsApp beberapa saat setelah sang ibunda meninggal dunia.

Setelah disemayamkan di rumah duka yang terletak di Ampera Raya, Kemang, Jakarta Selatan, rencananya, jenazah Mieke Wijaya akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada Rabu (4/5/2022) siang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Dibukakan Pintu Maaf

"Rencana Pemakaman: Rabu, 4 Mei 2022, TPU Tanah Kusir ba'da Dzuhur," tulis Nia Zulkarnaen mengumumkan.

"Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kekhilafan Almarhumah semasa hidupnya. Semoga Almarhumah Husnul Khatimah," lanjutnya menutup.

 

3 dari 4 halaman

Awal Kabar Duka

Kabar duka ini awalnya datang dari sebuah pesan singkat yang beredar di kalangan wartawan yang dikirim pada Selasa (3/5/2022) malam. Dalam pesannya, hanya disampaikan informasi seputar tanggal dan jam meninggalnya sang artis kawakan yang juga ibunda Nia Zulkarnaen.

Menelusuri media sosial, pengamat film Yan Widjaya turut mengumumkan kabar duka ini kepada publik.

"RIP Mieke Wijaya (Bandung 17/3/1939 - Jakarta 3/5/2022) aktris lejen, debut akting lewat film #Gagal/1954. Total bermain 78 film, 30 sinetron (termasuk #Losmen), 3 piala Citra. Suami, aktor Dicky Zulkarnaen (menikah 1965 s/d wafatnya 1995). 4 anaknya termasuk artis-produser Nia Z," tulis Yan Widjaya melalui akun Twitter @yan_widjaya.

4 dari 4 halaman

Perjalanan Karier

Selama berkarier, Mieke Wijaya sempat tampil di puluhan film nasional. Beberapa di antaranya cukup terkenal, salah satunya adalah Tiga Dara yang tayang pada 1956 silam.

Mieke Wijaya sudah mengenal akting sejak usianya masih 15 tahun. Diketahui, film pertama wanita yang lahir pada 17 Maret 1940 ini berjudul Gagal, yang rilis pada tahun 1955 silam.

Setelah itu, Mieke Wijaya seolah tak pernah absen berakting hingga enam dekade. Pada dekade 1960-an hingga 1980-an, ada saja belasan hingga puluhan film yang dimainkannya.

Mieke Wijaya juga terlibat dalam serial televisi Losmen yang mengudara di TVRI sejak tahun 1986 hingga 1989, membuat namanya melambung. Perannya kala itu sebagai tokoh utama bernama Bu Broto yang ikonis. Peran tersebut didaur ulang dalam film Losmen Bu Broto yang rilis pada 2021 lalu.

Ibunda Nia Zulkarnaen ini juga sempat beberapa kali aktif di dunia sinetron pada era 1990-an. Bahkan, istri mendiang Dicky Zulkarnaen ini dua kali mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award atas dedikasinya di dunia akting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.