Sukses

Ogah Kalah Sama Film, 6 Lagu Ini Punya Sekuel Dari Sayang Via Vallen Hingga Cinta Sampai Mati Kangen Band

Lagu punya sekuel fenomena langka. Inilah 6 lagu Indonesia yang punya sekuel termasuk "Sayang" dari Via Vallen dan "Cinta Sampai Mati" milik Kangen Band.

Liputan6.com, Jakarta - Film laris biasanya dibuatkan sekuel untuk mengulang sukses bahkan bukan tidak mungkin menjelma waralaba dan punya jagat sinema. Lagu Indonesia yang jadi hit besar pun punya sekuel. “Sayang” dari Via Vallen dan “Cinta Sampai Mati” dari Kangen Band, misalnya.

Contoh lain adalah hit “Emen” yang meledak di tangan penyanyi Yosie Lucky pada 1992. Sekitar empat tahun kemudian muncul “Emen 2” yang dibawakan Lucky Resha.

Melodi lagu sekuel tak harus berbeda dari pendahulunya. Liriknya pun tak harus melanjutkan kisah di tembang sebelumnya. Contohnya, “Beban Cinta” karya Melly Goeslaw untuk Irwansyah di album Untuk Selamanya (Warner Music, 2013).

Januari 2022, penyanyi Ressa merilis “Beban Cinta 2.” Melodinya sama, liriknya hanya sebagian yang diubah. Laporan khas Showbiz Liputan6.com akhir pekan ini merangkum 6 lagu yang punya sekuel. Apa saja?

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Menghitung Hari

“Menghitung Hari” adalah lagu yang mengubah wajah karier Krisdayanti untuk selamanya. Hit kedua dari album Sayang (Warner Music, 1998) itu mengantarnya sebagai diva. Setelah mencetak box office di industri musik, sekuelnya dibuat namun tak dilantun KD.

Anda yang dipercaya melantun “Menghitung Hari 2.” Melodinya sama, lirik dirombak hampir 100 persen. Benang merahnya dengan versi Krisdayanti hanya di tiga kalimat: menghitung hari detik demi detik, yang aku minta tulus hatimu, dan biar semua tahu adanya.

 

3 dari 7 halaman

2. Ayat-ayat Cinta

 

Saat Ayat-ayat Cinta yang ditonton 3,7 juta orang pada 2008 dibuatkan sekuel, soundtrack-nya yang fenomenal di tangan Rossa pun punya lanjutan. Bedanya, lagu “Ayat-ayat Cinta 2” dipercayakan kepada Krisdayanti.

Sementara Rossa kebagian lagu “Bulan Dikekang Malam.” Urusan penghayatan dan teknik vokal, KD memang juaranya. Namun, dampak “Ayat-ayat Cinta 2” kurang nendang jika dibandingkan dengan “Ayat-ayat Cinta” milik Rossa.

 

4 dari 7 halaman

3. Cinta Mati

 

“Cinta Mati” jilid pertama ada di album And The Story Goes To… milik Agnes Monica (Aquarius Musikindo, 2003). Dilantun dalam format duet dengan Ahmad Dhani, “Cinta Mati” jadi single keempat dari album yang terjual lebih dari 300 ribu kaset itu.

Setelahnya, ada “Cinta Mati II” yang direkam Mulan Jameela. Pada 2013, mantan vokalis Ratu ini merilis album 99 Volume 1 yang memfiturkan dua hit yakni “Abracadabra” dan “Cinta Mati III.”

 

5 dari 7 halaman

4. Sayang

 

“Sayang” selamanya melekat pada rekam jejak karier Via Vallen. Video klip resmi “Sayang” yang dirilis Ascada Music di YouTube pada 2017 ditonton lebih dari 200 juta kali. Pada tahun yang sama, Nella Kharisma merilis “Sayang 2” di bawah naungan DD Star Record.

Dengan melodi dan lirik yang berbeda 180 derajat, video “Sayang 2” meraih 111 juta views hingga kini. Dua tahun berselang, ia meluncurkan “Sayang 3” dengan lirik bahasa Indonesia. Entah di mana jilid ke-4, 5, 6, 7, dan 8, ujug-ujug Nella Kharisma melepas “Sayang 9.”

 

6 dari 7 halaman

5. Cinta Sampai Mati

 

Tak seperti lagu lain yang sekuelnya dirilis beberapa tahun kemudian, “Cinta Sampai Mati” dari Kangen Band punya sekuel resmi pada 29 April 2022. Padahal, jilid pertamanya baru diluncurkan pada Februari 2022 dan sukses mengumpulkan 37 juta atensi di YouTube.

“Cinta Sampai Mati” jilid pertama hingga kini menduduki peringkat ke-10 dalam daftar trending kategori musik di YouTube. “Cinta Sampai Mati 2” membayangi dengan duduk di posisi ke-11. Efek keributan Andika Mahesa dengan Tri Suaka dan Zinidin Zidan? Entahlah.

 

7 dari 7 halaman

6. Satru

 

Januari 2021, Denny Caknan bikin gempar lewat hit “Satru” yang direkam bareng Happy Asmara. Video klip resminya ditonton lebih dari 113 juta kali di YouTube menjadikannya sebagai hit besar yang mengubah arah karier para penyanyinya.

Setahun kemudian, Denny Caknan sendirian memperkenalkan “Satru 2.” Video klipnya menampilkan bintang tamu Menteri BUMN RI Erick Thohir. Tak semeledak yang pertama memang, namun “Satru 2” sempat trending di YouTube.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.