Sukses

Pengakuan Rina Nose Idap Obsessive Compulsive Disorder atau OCD, Bikin Rawan Konflik dengan Pasangan

Rina Nose mengidap Obsessive Compulsive Disorder alias OCD, yakni gangguan kecemasan yang merupakan bagian dari masalah kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta Rina Nose buka suara soal gangguan kesehatan mental yakni Obsessive Compulsive Disorder alias OCD. Istri Josscy Aartsen tak menjelaskan detail kapan divonis dokter tapi penyakit ini membuatnya cemas khususnya kala membahas kerapian atau kesesuaian pola.

Misalnya, sebuah gelas semula ditaruh dengan pegangan di sisi kiri. Jika diambil lalu diletakkan lagi dengan posisi sembarang, maka Rina Nose akan khawatir dan mencari cara mengembalikan ke posisi semula.

Gangguan ini rupanya berdampak besar saat ia menjalin cinta dengan seseorang dan akhirnya menikah. Konflik-konflik kecil membayang dan tak jarang memantik huru-hara.

“Kebiasaan itu kalau misalnya di pasangan guenya enggak tahu kalau gue begitu (mengidap OCD -red) kemungkinan kalau gue marah dia akan merasa: Gue salah apa sih? Kok lo gitu banget? Kok sikap lo begitu?” katanya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencari Pasangan

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo pada Kamis (28/4/2022), artis kelahiran Bandung, 16 Januari 1984, ini menceritakan dampak OCD terhadap rumah tangganya di masa lalu.

“Kalau gue tuh untuk mencari pasangan gue enggak akan… kayaknya nih, enggak pernah ada masalah ekonomi, statuslah, gelar segala macam justru enggak ada permasalahan itu. Permasalahannya justru hal-hal yang kayak begitu,” Rina Nose membeberkan.

3 dari 4 halaman

Perkara Masak

“Gue masak sudah motong-motong, sudah ditaruh, (bagian) ini harus dibersihin dulu, semua harus bersih dulu. Jadi memasaknya dalam kondisi bersih tuh sudah enak. Nah misalnya pasangan gue kagak begitu (gue menegur dan mengoreksi),” ia menyambung.

Perlahan Rina Nose mengevaluasi apa yang sebenarnya terjadi dalam diri. Gangguan kecemasan ini jika dibiarkan bisa berdampak fatal. Itu sedikit banyak berpengaruh pada pernikahan pertamanya yang kandas.

4 dari 4 halaman

Sebelum Gue Menyadari

“Tapi kalau dulu, sebelum gue menyadari kalau gue ada gangguan kecemasan itu, gue bisa lempar barang. Bisa jadi trigger, (itu yang jadi masalah di pernikahan) pertama. Jadi permasalahan gue tuh justru di situ,” beri tahu Rina Nose.

“Kalau yang pernikahan pertama itu salah satunya itu (penyebab) tapi trigger-nya bukan ke situ. Kalau di pernikahan pertama itu lebih ke prinsip. Nah pernikahan yang kedua juga sama lebih ke gitu,” ia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.