Sukses

Disomasi Sebesar Rp 10 Miliar oleh Erwin Agam, Begini Jawaban Tri Suaka

Tri Suaka sebelumnya disomasi karena dianggap telah mengcover lagu tanpa izin.

Liputan6.com, Jakarta Tri Suaka disomasi oleh musisi Erwin Agam. Tak tanggung-tanggung, musisi yang kerap melakukan cover lagu-lagu itu disomasi sebesar Rp 10 miliar.

Mendapatkan somasi yang nilainya besar itu, Tri Suaka pun akhirnya buka suara. Dirinya menanggapi dengan santai somasi dari Erwin Agam.

Sebelumnya, Erwin Agam tidak terima dengan apa yang telah dilakukan oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan. Mereka mencari keuntungan dengan mengcover lagu milik Erwin Agam tanpa meminta izin.

Erwin Agam melalui Forum Komunikasi Artis Minang Melayu Indonesia (Forkami) melayangkan somasi kepada pihak Tri Suaka dan Zinidin Zidin. Namun sayang, somasi itu tidak diindahkan oleh mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mempelajari

Namun meski begitu, Tri Suaka mengaku telah meminta kuasa hukumnya untuk mempelajarinya terlebih dahulu.

"Soal somasi nanti bakalan dipelajarin sama kuasa hukum Bang Andika buat prosesnya," ujar Tri Suaka saat konferensi pers melalui Zoom, Kamis (28/4/2022).

Masih menurut Tri Suaka, dirinya merasa apa yang dilakukannya tidak salah. Pasalnya, dirinya mencantumkan copyright di setiap lagu yang dicovernya. Mengenai royalti pun, sudah ada pihak yang berwenang untuk menagih.

"Kalau untuk itu kita akan konsultasiin," imbuh Tri Suaka.

 

3 dari 4 halaman

Judul Lagu

Tri Suaka dan Zinidin Zidan memang diketahui mengcover dua buah lagu milik Erwin Agam tanpa izin. Lagu tersebut berjudul Emas Hantaran dan Luka Sekarat Rasa. Masing-masing lagu dicover oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan sebanyak 5 kali. Kemudian lagu tersebut mereka upload di YouTube masing-masing.

"Setelah dikonfirmasi dan mencocokkan data, ternyata benar tim Tri Suaka ini tidak meminta izin dan saat dikonfirmasi tidak ditanggapi dan itu pun covernya banyak sekali, satu lagu bisa ia cover 5 lagu. Lagunya ada dua, tapi dijadikan cover 6 YouTube. View-nya itu mencapai 10 juta penonton, satu lagu bisa 2 juta penonton dan ada yang 3 juta, 6 juta view-nya, ada yang 12 juta," kata Arianto, kuasa hukum Erwin Agam kepada wartawan, baru-baru ini.

 

4 dari 4 halaman

Menghubungi

Erwin Agam sudah mencoba menghubungi Tri Suaka melalui media sosial dan email. Namun, Tri Suaka tidak juga ada tanggapan.

Padahal Erwin Agam ingin menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan. Ia ingin mengajak Tri Suaka bekerja sama.

Karena tidak ada itikad baik, Erwin Agam akhirnya mensomasi Tri Suaka dan Zinidin Zidan. Jika dalam waktu seminggu tidak ada tanggapan, ia akan menggugat keduanya ke pengadilan dengan nominal Rp 10 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.