Sukses

Onew SHINee Belajar Bumbu-Bumbu Indonesia, Sempat Takjub Lihat Kunyit dan Kencur

Onew SHINee juga penasaran di mana beli daun pisang di Korea.

Liputan6.com, Seoul - YouTuber Kimbab Family kembali kedatangan tamu Onew SHINee untuk konten terbaru mereka. Kali ini, temanya adalah icip-icip makanan Sunda.

Dalam video bertajuk "PERTAMA KALI MAKAN MASAKAN INDONESIA, Paman ONEW Nambah Teruuusss!!" yang rilis Sabtu (23/4/2022) kemarin, pelantun "Dice" ini mencoba beragam jenis makanan. Mulai dari nasi timbel, pepes tahu, ayam panggang bumbu rujak, sambel goreng tempe, karedok, soto Bandung, lalapan, dan juga kerupuk.

Tak cuma makan bareng Mama Gina, Appa Jay, dan anak-anaknya, Onew SHINee juga sempat belajar soal bahan-bahan yang biasa digunakan di kuliner Nusantara.

Salah satu yang pertama ia tanyakan adalah soal daun pisang untuk membungkus nasi timbel dan pepes tahu. "Ini daun pisang ya? Bisa dapat daun pisang di Korea?" tanya idol dari SM Entertainment ini keheranan.

Mama Gina menjawab bahwa daun pisang ini dibelinya di Itaewon, sebuah daerag di Seoul, Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rupa-Rupa Bumbu Indonesia

Tak hanya itu, Onew juga belajar bumbu-bumbu khas dalam kuliner Indonesia. Ada beberapa yang ia tahu, seperti sereh. Namun, ada pula yang terlihat sangat asing untuknya. 

Misalnya saat ia ditunjukkan kemiri. "Wah ini enggak tahu," kata dia. Saking bingungnya, ia mencium kemiri tersebut, dan mencoba mengendus baunya. Saat disebut bahasa Inggris bumbu ini sebagai candlenut, ia sempat mengira bumbu ini adalah sejenis kacang, alias nut.

Ia juga heran melihat begitu banyak bumbu berbentuk rimpang selain jahe seperti kunyit, kencur, dan lengkuas. "Rasanya dan aromanya beda ya?" tanyanya. Ia juga heran melihat kunyit yang berwarna kuning. 

"Mengherankan ya, padahal kelihatannya sama," kata dia sambil memegang kencur. 

3 dari 4 halaman

Serupa tapi Tak Sama

Aneka ragam bumbu Nusantara ini tentu saja memberikan sensasi khas ketika sudah diramu dan disajikan dalam bentuk makanan jadi. Hal ini terjadi saat Onew mencicipi soto Bandung. Di Korea pun ada hidangan yang serupa sajian ini, tapi tetap terasa berbeda di lidah Onew. 

"Bagaimana ya menjelaskannya. Ini rasa yang enggak asing....Tapi ada yang membedakan," kata dia. Mama Gina kemudian menjelaskan, faktor pembedanya adalah kencur. 

"Seperti membuat perut nyaman," kata dia, 

4 dari 4 halaman

Soal Sambal

Tak cuma soto Bandung, sepanjang perjamuan Onew juga berkali-kali memuji masakan Sunda yang dihidangkan Mama Gina. Belakangan ia berkomentar, "Ternyata makan makanan pedas ya."

Appa Jay kemudian bercerita tentang rupa-rupa sambal di Indonesia yang sangat beragam. Onew merasa sambal begitu menggugah selera. "Betul-betul enak," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.