Tom Cruise Gila-gilaan di Top Gun: Maverick, Latihan Ekstrem di Bawah Air hingga Akrobat Pakai Jet Tempur F-18s

Oleh Ratnaning Asih pada 20 Apr 2022, 13:20 WIB
Diperbarui 20 Apr 2022, 13:20 WIB
Tom Cruise
Perbesar
Tom Cruise menjelaskan alasan mengapa para aktor Top Gun: Maverick mesti menjalani latihan ekstrem di udara hingga bawah air. (Chris Pizzello/Invision/AP)

Liputan6.com, Jakarta Akhir Maret lalu, Paramount Pictures membagikan trailer film Tom Cruise terbaru, Top Gun: Maverick. Kini, studio tersebut membagikan situasi di balik layar yang memicu adrenalin. Yakni latihan dan suasana syuting yang dijalani para bintang film ini untuk adegan menerbangkan pesawat jet.

Di awal video berdurasi hampir tiga menit tersebut, para bintang Top Gun terlihat benar-benar berada dalam jet tempur F-18s.

"Kami bekerja sama dengan angkatan laut dan Top Gun School untuk memformulasikan bagaimana agar bisa melakukan syuting. Karena kalau kami ingin melakukannya (membuat sekuel), maka kami akan terbang dengan F-18s," tutur Tom Cruise dalam video ini.

Langkah ini tentu punya banyak implikasi. Terutama latihan yang harus dijalani para aktor Top Gun: Maverick. "Adegan aksinya harus terlihat nyata. Jadi aktor kami menjalani pelatihan selama tiga bulan yang berat," kata sang produser, Jerry Bruckheimer.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tiga Tipe Pesawat

Sesi Latihan film Top Gun: Maverick yang dibintangi Tom Cruise. (Tangkapan Layar YouTube/ Paramount Pictures)
Perbesar
Sesi Latihan film Top Gun: Maverick yang dibintangi Tom Cruise. (Tangkapan Layar YouTube/ Paramount Pictures)

Untuk adegan terbang, para aktor Top Gun: Maverick melewati sejumlah tahap sebelum bisa menumpangi pesawat F-18s. Awalnya, mereka dilatih dengan menumpang pesawat dengan satu mesin, dan melakukan gerakan akrobatik  di udara. "Ini untuk membangkitkan pemahaman spasial mereka dalam pesawat," kata Tom Cruise. 

Selanjutnya, lanjut aktor 59 tahun ini, mereka berlatih dengan menggunakan pesawat L-39. "Mereka terbang dan melakukan gerakan akrobatik untuk merasakan bagaimana rasanya di pesawat jet," ia menjelaskan. 

Sutradara Joseph Kosinski lantas menambahkan, "Dari sini, mereka lulus dan bisa pindah ke F-18s.


Latihan Ekstrem di Bawah Air

Sesi Latihan film Top Gun: Maverick yang dibintangi Tom Cruise. (Tangkapan Layar YouTube/ Paramount Pictures)
Perbesar
Sesi Latihan film Top Gun: Maverick yang dibintangi Tom Cruise. (Tangkapan Layar YouTube/ Paramount Pictures)

Tak cuma di udara, para bintang Top Gun: Maverick juga wajib latihan di bawah air. "Angkatan laut berkata bahwa bila pilot dilontarkan dari pesawat, mereka harus bisa bertahan hidup di air. Jadi kami harus melewati latihan bawah air yang menantang," kata Tom Cruise. 

Dalam satu adegan, para bintang Top Gun terlihat berada dalam piranti yang diisi penuh dengan air hingga mereka tenggelam. Tak sampai di situ, mereka lantas harus berjuang untuk keluar dari piranti yang penuh air tersebut sambil menahan napas. 

Di cuplikan lain, mereka duduk dalam sebuah perangkat serupa kursi pilot, kemudian dibenamkan ke air. Dalam kondisi sabuk pengaman terpasang, mereka diposisikan dalam kepala menghadap ke bawah, dan harus bisa membebaskan diri. 


Sinopsis Top Gun: Maverick

Di unggahan YouTube ini, diselipkan juga sinopsis singkat Top Gun: Maverick. 

Setelah 30 tahun lebih menjadi penerbang unggulan di Angkatan Laut, Pete “Maverick” Mitchell (Tom Cruise) kini berhadapan dengan sejumlah pilot muda. Tugasnya kali ini, adalah meltih mereka, dalam misi khusus yang belum pernah dihadapi sebelumnya. 

Ia juga berjumpa dengan Bradley Bradshaw (Miles Teller) alias “Rooster,” putra dari mendiang sahabatnya, Nick Bradshaw, atau “Goose." Mampukan Maverick menyelesaikan tantangan ini sekaligus menghadapi masa lalunya? 

Top Gun: Maverick bakal dirilis 27 Mei mendatang. 

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi
Perbesar
Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya