Sukses

Polisi Jelaskan Alasan Beda Perlakuan Antara Vanessa Khong dengan Ivan Gunawan Yang Tak Ditahan

Vanessa Khong ditetapkan sebagai tersangka dan kini ditahan. Lantas mengapa para artis seperti Ivan Gunawan cukup mengembalikan uang dan tak ditahan?

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan terkini kasus investasi bodong berkedok trading binary option Binomo dan dugaan tindak pidana pencucian uang menyebut kekasih Indra Kenz, Vanessa Khong, ditahan aparat setelah resmi jadi tersangka. Ayahnya, Rudiyanto Pei juga ditahan.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Whisnu Hermawan, membenarkan kabar ini saat dikonfirmasi awak media di Jakarta, pada Selasa (19/4/2022).

“Betul penyidik menahannya, mulai tadi pagi,” katanya. “Ya, keduanya (ditahan) selama 20 hari ke depan di Rutan Mabes Polri,” Whisnu Hermawan menambahkan.

Perkembangan kasus Binomo berjalan beriringan dengan kasus robot trading DNA Pro yang menyeret sejumlah artis dari Ivan Gunawan, Rizky Billar, Lesti Kejora, hingga yang terbaru Rossa.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tindak Pidana Pencucian Uang

Melansir dari video jumpa pers yang diunggah kanal YouTube Cumicumi, Selasa (19/4/2022), seorang jurnalis menanyakan mengapa Vanessa Khong dan ayahnya ditahan sementara para selebritas yang terbukti menerima aliran dana tidak.

“Terkait TPPU, aliran dana dari tersangka terhadap beberapa penerima. Kalau ada artis atau public figure yang diduga menerima aliran dana dan dia mengembalikan berarti kan sudah ada niat baik bahwa dia tidak mungkin terkena lagi TPPU,” ujar Gatot Repli Handoko.

3 dari 4 halaman

Vanessa Khong Ditahan

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri itu kemudian menambahkan, “Kalau (Vanessa Khong dan ayahnya) itu disita barang-barangnya karena sudah pas.”

Ivan Gunawan dan sejumlah artis lain dipanggil serta telah diperiksa tim penyidik Bareskrim Polri. Mereka terbukti tidak tahu bahwa aliran dana yang masuk ke rekening mereka berasal dari tindak pidana.

 

4 dari 4 halaman

Public Figure Tak Ditahan

“Beda dengan public figure yang karena ketidaktahuan diajak. Kalau ini memang sudah tahu bahwa itu untuk melakukan kegiatan tindak pidana. Itu perbedaannya,” terang Gatot Repli.

Dalam kesempatan itu, ia menyebut Rossa mestinya datang ke Bareskrim Polri pada Senin (18/4/2022) namun pelantun “Tegar” minta penjadwalan ulang. Selain Rossa, ada penyanyi lain yang dibidik aparat untuk dimintai keterangan. “Y dari personel Project Pop,” imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.