Momen Isolasi Mandiri jadi Alasan Dul Jaelani Bikin Lagu dan Akhirnya Rilis Single Astaghfirullah

Oleh Aditia Saputra pada 18 Apr 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 18 Apr 2022, 17:00 WIB
Dul Jaelani dan Tissa Biani
Perbesar
Rencana menikah muda memang selalu diinginkan Dul Jaelani. Kini setelah ia memiliki kekasih, Tissa Biani, Dul justru mengaku masih harus belajar menjadi suami yang baik. (Instagram/duljaelani)

Liputan6.com, Jakarta Di Bulan suci Ramadhan tahun ini jadi kesempatan Dul Jaelani merilis single religi berjudul 'Astaghfirullah' yang merupakan karyanya sendiri.

Uniknya proses penciptaan lagu ini lahir saat Dul Jaelani menjalani isolasi mandiri karena terpapar virus Covid-19 beberapa waktu lalu. Dia menyadari bahwa dirinya masih penuh dengan dosa terutama kepada Ayah dan Bundanya. Di teras kamarnya, terciptalah lagu 'Astaghfirullah'.

"Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang ingin taubat nasuha, namun godaan masih saja menyerbu. Lantas orang tersebut hanya mampu ber-istighfar. Itu sih dasar pemikiran dari terciptanya lagu ini," ujar Dul Jaelani penuh semangat.

 


Makna

Dul Jaelani
Perbesar
Dul Jaelani

Menurutnya, bacaan istighfar ini memiliki makna yang lebih dari sekadar memohon ampun kepada Allah SWT.

"Setahu saya, istighfar adalah ibadah yang sangat taktis. Untuk mencari jalan keluar dari sebuah masalah, selain dengan ikhtiar kita bisa beristighfar agar diberikan jalan keluar," kata Dul Jaelani yang ngebut merampungkan video musiknya minggu kemarin dan kini sudah ditonton 16 ribu orang dalam beberapa hari saja.

 


Singkat

[Fimela] Dul Jaelani
Perbesar
(Daniel Kampua/Fimela.com)

Proses pembuatan lagu ini pun tergolong singkat. Awal Ramadhan, Dul sempat workshop di studio untuk mematangkan konsep musiknya. Hingga konsep musik videonya yang digarapnya. Musiknya yang agak beraroma Timur Tengah jadi pilihan Dul.

Meskipun padatnya kesibukan Dul Jaelani sebagai seorang musisi muda, dia tetap tidak melupakan tanggung jawabnya sebagai seorang musisi muslim dan menjalankan puasa Ramadhan tentunya.

"Wallahu a'lam, semoga setiap yang mengucap Astaghfirullah tentu dengan bimbingan syariat Islam, bisa diberikan jalan keluar dan jawaban dari setiap persoalan, dan hidupnya menjadi lebih baik dan berkah,” kata Dul yang pernah merilis lagu Sang Pemuja bersama Fadly Padi Reborn yang kental nuansa religinya.

 


Respons

Dul berharap lagu ini bisa mendapat respons positif dari masyarakat dan menjadi pengingat setiap umat muslim untuk ber-istighfar dan mengingat Nama Allah. Selamat mendengarkan lagu Astaghfirullah.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya