Sukses

Dukung Perkembangan Konten Live Streaming, Ada Dana Rp50 Miliar untuk Para Content Creator

Para Content Creator berlomba-lomba untuk berkreasi.

Liputan6.com, Jakarta Hampir sebagian besar remaja Tanah Air ingin menjadi content creator. Saat ini, Content creator adalah salah satu pekerjaan paling menjanjikan dan semakin banyak digeluti orang di masa kini. Apalagi, konten-konten yang bertebaran di dunia digital, juga digemari banyak orang. Alhasil membuat profesi satu ini terus berkembang.

Content creator dapat diartikan sebagai orang yang membuat konten. Sebagian besar selebritis pun telah menjadi content creator. Konten kemudian dapat disebarkan ke berbagai platform media sosial yang tersedia, seperti YouTube, Instagram, atau Facebook.

Saat ini, salah satu bentuk konten yang mulai banyak dieksplor oleh para content creator adalah live streaming. Melalui live streaming, penonton punya kesempatan untuk berinteraksi secara real time dengan para streamer (orang yang melakukan live streaming), baik itu selebriti, influencer, musisi, gamer, ataupun figur publik lainnya.

Sebagai bentuk apresiasi untuk para streamer, program IDN Live Streamer Fund resmi diluncurkan pada April 2022 ini. Program ini akan menyediakan dana Rp 50 miliar untuk mendukung para streamer terpilih yang dinilai memenuhi kriteria tertentu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apresiasi

Selain sebagai bentuk apresiasi, program ini juga diharapkan bisa memotivasi para streamer untuk terus berkreasi dalam menciptakan konten live streaming.

Keberadaan para streamer dengan konten yang beragam menjadi bagian penting dalam perkembangan dunia live streaming di masa mendatang. Karena itu, dibutuhkan suatu inisiatif yang dapat memacu kreativitas para streamer, mendorong munculnya streamer baru berkualitas, sekaligus mendukung industri content creator di Indonesia.

Kemudian, program ini juga akan memberikan dukungan bagi para streamer berupa :

1. Media coverage, strategi promosi, dan iklan berbayar untuk para streamer dan program mereka2. Akses untuk menggunakan studio profesional yang disediakan oleh program ini.3. Kesempatan untuk mendapat brand sponsorship4. Beragam program pelatihan dan mentoring 5. Perangkat untuk mendukung sesi live streaming, seperti kamera, mikrofon, mixer,tripod, lighting, green screen, dan masih banyak lagi.

 

3 dari 4 halaman

Antusias

Sebagai platform yang meluncurkan program IDN Live Streamer Fund, Chief Operating Officer IDN Media, William Utomo mengatakan, pihaknya sangat antusias meluncurkan program tersebut. William mengatakan, pihaknya ingin memberi apresiasi bagi komunitas streamer atas kreativitas dan keunikan dalam konten live streaming mereka.

Sejak awal, pihaknya memiliki visi untuk mendemokratisasi akses informasi, termasuk memberikan ruang bagi generasi millennial dan Z untuk menciptakan konten yang berkualitas, tak terkecuali melalui konten live streaming.

"Kami ingin para streamer memiliki kesempatan untuk mendapat pemasukkan dari hal yang mereka sukai dan menjadikan passion mereka sebagai mata pencaharian. Semoga program ini bisa membantu kami menjadi one-stop content platform sekaligus membangun ekosistem kreator live streaming di Indonesia," ujar William dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

 

4 dari 4 halaman

Ruang

Sementara itu, Head of IDN Zefanya Deby mengatakan, program ini memberi ruang bagi para streamer untuk bersuara, membangun interaksi yang genuine, dan menjalin hubungan yang authentic dengan audiens mereka. Tentunya hal ini dilakukan dengan tetap menjaga komitmen untuk menyajikan konten yang berkualitas dan impactful.

"Program ini terbuka bagi siapapun yang ingin mengembangkan ide kreatifnya dalam konten live streaming. Program ini tidak hanya membantu kreator mendapat pemasukan dari karyanya, tetapi juga membantu mereka mengembangkan skill pembuatan konten bersama kami,” jelas Zefanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.