Sukses

Sinopsis dan Fakta di Balik Film Deepwater Horizon, Diangkat dari Peristiwa Ledakan Pengeboran Minyak

Fillm Hollywood Deepwater Horizon diangkat dari kisah nyata ledakan pengeboran minya di Teluk Meksiko. Simak sinopsis dan fakta lainnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Mark Wahlberg kembali beraksi dalam sebuah film yang diangkat dari kisah nyata. Sebelumnya, ia telah sukses membintangi film Patriots Day yang mengangkat cerita dari tragedi Bom Maraton Boston.

Film ini berjudul Deepwater Horizon. Melihat dari namanya, film ini terdengar akan menceritakan sesuatu yang berhubungan dengan air. Meskipun tidak seluruhnya tentang air, latar tempat yang menjadi lokasi film memang berada di sebuah teluk.

Dirilis pada September 2016, Deepwater Horizon juga menggandeng sederet aktor Hollywood lainnya yakni Dylan O’Brien hingga Kate Hudson. Mengambil cerita dari peristiwa sebuah ledakan tempat pengeboran minyak, film Hollywood Deepwater Horizon sukses mencuri perhatian pecinta film yang ingin menyaksikan bagaimana insiden tersebut bisa terjadi.

Bagi Anda yang ingin menyaksikannya, bisa simak sinopsis singkatnya berikut ini dan juga sedikit fakta di balik filmnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis Deepwater Horizon

Kisah berpusat pada karakter Mike Williams (Mark Wahlberg), seorang Kepala Teknisi Elektronik yang harus mengawasi pengeboran minyak di Deepwater Horizon milik British Petroleum. 

Lokasi pengeboran ini berada di Teluk Meksiko. Karena dikenal sebagai salah satu tempat yang memproduksi minyak bumi terbesar, Deepwater Horizon kerap dituntut untuk menghasilkan lebih banyak pasokan.

Hingga suatu hari, salah satu mesin bor tidak kuat untuk melakukan kerjanya yang membuat ledakan dahsyat di lokasi. Awalnya, tanda-tanda ini sudah terlihat dari berbagai sinyal yang ditunjukan oleh sistem, namun pihak perusahaan tetap memaksanya untuk melakukan bor.

Mike yang merasa menjadi penanggung jawab atas timnya pun harus berjibaku menyelamatkan dirinya dan juga anggotanya agar bisa keluar dari kebakaran yang kian membesar. Beberapa dari karyawan ada yang terjebak dan sulit untuk mencari pertolongan.

3 dari 4 halaman

Peristiwa Kisah Nyata dari Teluk Meksiko

Seperti yang sudah disebutkan di awal, film Deepwater Horizon memiliki alur cerita yang diangkat dari kisah nyata ledakan pengeboran minyak di Teluk Meksiko. Melansir dari history.com, akibat insiden ini, setidaknya 11 karyawan gugur sementara 17 lainnya luka-luka.

Di lokasi kejadiannya, ada total 126 orang yang berada di dalam Deepwater Horizon. Peristiwa yang terjadi pada 20 April 2010 ini pun menyebabkan kerugian yang amat besar terutama untuk perekonomian di wilayah sekitar tempat kejadian.

Pihak British Petroleum selaku pemilik Deepwater Horizon akhirnya mengakui kesalahannya dan bersedia menerima tuntutan pidana dengan denda sebesar 4,5 miliar dollar Amerika.

4 dari 4 halaman

Mark Wahlberg Ikut Menjadi Produser

Suksesnya film ini bukan karena semata-mata karena kisah nyata yang ada di dalamnya. Beberapa aktor hingga kru yang terlibat juga menjadi faktor penyumbang film Deepwater Horizon ditonton banyak orang.

Wajah Mark Wahlberg ternyata tidak hanya terlihat di depan layar saja. Pria kelahiran 5 Juni 1971 ini ternyata ikut memproduseri film yang hadir dengan durasi 107 menit ini. Film Deepwater Horizon menjadi film ke-8 yang diproduserinya yang diikuti dengan Patriots Day.

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda semakin penasaran dengan kelanjutannya? Anda bisa nonton Deepwater Horizon film selengkapnya melalui aplikasi Vidio. Saksikan juga ragam rekomendasi film terbaik lainnya. Unduh Vidio sekarang juga! Tersedia untuk Android dan juga iOS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.