Sukses

Di Tubuh Maia Estianty Ada Batu Empedu 2 Cm, Dokter Sarankan Operasi Pemotongan

Maia Estianty menjalani sejumlah pemeriksaan medis termasuk USG. Rupanya ada batu empedu 2 cm yang memantik penyakit GERD.

Liputan6.com, Jakarta Setelah dibawa ke salah satu rumah sakit di Jakarta Selatan oleh Dul Jaelani, Maia Estianty menjalani sejumlah pemeriksaan medis termasuk USG untuk melacak penyebab GERD.

Ditangani dr. Tjhang Supardjo, ada sejumlah fakta di tubuh Nyonya Irwan Mussry, salah satunya batu empedu. Sebenarnya, beberapa tahun lalu Maia Estianty berurusan dengan ini.

Kala itu, mantan istri Ahmad Dhani direkomendasikann menjalani operasi pemotongan kantong empedu. Namun, Maia Estianty pikir-pikir lalu menempuh metode pengobatan lain.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perkara USG

“Dokter ini, kan sudah USG aku, ditemukan batu empedu 2 cm. Aku ini kan sebenarnya dari dulu, sudah bertemu dokter Tjhang dari beberapa tahun lalu,” kata Maia Estianty.

“Dokter Tjhang sudah menyarankan aku, untuk potong saja kantong empedu. Dan aku tuh ragu-ragu. Dan aku akhirnya memilih terapi makan apel. Which is yang dari 3 cm, ada tiga batu jadi 2 cm. Tapi sekarang nyerang ke GERD,” imbuhnya.

3 dari 5 halaman

Tak Kan Hilang

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Maia Al El Dul TV, Senin (4/4/2022), dr. Tjhang Supardjo mengingatkan penulis lagu “Sang Penggoda” bahwa terapi apel tak menyelesaikan masalah.

“Batu empedu itu kan enggak akan hilang kalau cuma dengan konsumsi apel. Waktu itu memang kelihatan 3 cm karena ada beberapa batu yang mengumpul jadi satu. Nah, sekarang kita cek ulang, ternyata ukuran batu itu 2 cm,” ujarnya Tjhang.

4 dari 5 halaman

Sekitar 2 Cm

GERD yang menimpa Maia Estianty, dalam kajian medis, dipicu dua batu empedu yang masing-masing berukuran sekitar 2 cm. Maka, batu empedunya dulu yang harus dibereskan.

“Tapi memang tidak jumlah begitu banyak, hanya dua dan ukurannya sekitar 2 cm. Dua batu (ukurannya hampir 2 cm semua). Itu yang bikin bunda selama ini merasa sakit perut,” Tjhang Supardjo mengulas. 

5 dari 5 halaman

GERD dan Batu Empedu

“GERD ini dicetuskan dari batu empedu. Sehingga bolak-balik berobat GERD enggak akan sembuh karena penyebabnya dari batu empedunya. Jadi batu empedu ini harus dibereskan dulu,” ia mengakhiri.

Diberitakan sebelumbnya, Maia Estianty dibawa ke IGD setelah merasakan sakit dari kerongkong hingga ulu hati. Aktivitas makan dan minum enak jadi terganggu. Ia pun sempat demam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.