Sukses

Will Smith Terancam Sanksi dari Academy, Usai Insiden Menampar Chris Rock di Oscar 2022

Salah satu poin penting dalam pernyataan pihak Academy, adalah langkah apa yang akan mereka ambil soal insiden Will Smith menampar Chris Rock di Piala Oscar 2022.

Liputan6.com, Los Angeles - Penyelenggara Piala Oscar 2022, The Academy of Motion Picture Arts and Sciences, kembali bersuara soal insiden Will Smith menampar Chris Rock. Setelah sempat mengeluarkan reaksi keras, mereka kembali mengungkap pernyataan yang lebih detail terkait isu ini.

Salah satu poin penting dalam pernyataan pihak Academy, adalah langkah apa yang akan mereka ambil ke depannya.

"The Academy mengutuk perbuatan Tuan Smith dalam acara malam kemarin. Kami secara resmi telah memulai review formal terkait insiden dan akan mempertimbangkan langkah selanjutnya maupun konsekuensi yang sesuai dengan aturan  dan standar perilaku kami, serta hukum di California," begitu pernyataan pihak penyelenggara Academy Awards, dilansir dari People, Selasa (29/3/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Harus Sesuai Reputasi Baik

Ditambahkan bahwa salah satu poin dalam standar perilaku organisasi ini adalah kode etik dari para anggota Academy. "Para anggota harus secara berperilaku sesuai dengan reputasi baik Academy," begitu pernyataan organisasi ini. 

Kontak fisik yang dilakukan secara sepihak, tak pantas, dan tak diinginkan, adalah salah satu yang dianggap sebagai tindakan yang tak bisa diterima.

3 dari 5 halaman

Sanksi

Alhasil, member yang melanggar terancam dengan sanksi tegas. "Academy mungkin akan mengambil tindakan disiplin seperti yang dinyatakan dalam Peraturan Academy, sampai kepada penghentian sementara keanggotaan, atau dikeluarkan dari keanggotaan," begitu pernyataan mereka. 

4 dari 5 halaman

Lawakan Chris Rock

Seperti diketahui, awal dari insiden ini adalah lawakan Chris Rock mengenai rambut Jada Pinkett Smith. Chris Rock berkata ia tak sabar menantikan penampilan wanita tersebut dalam film G.I Jane. Dalam film G.I Jane tahun 1997, Demi Moore yang bertindak sebagai pemeran utama tampil plontos. 

Jada Pinkett Smith sendiri memangkas rambutnya karena ia mengalami kondisi alopecia atau kebotakan, yang terjadi karena masalah autoimun.

5 dari 5 halaman

Akhirnya Minta Maaf

Beberapa menit setelah insiden ini, Will Smith menerima piala Oscar sebagai Aktor Terbaik lewat aktingnya di King Richard. Ia minta maaf kepada sesama nomine maupun pihak Academy, tapi tidak kepada Chris Rock. 

Baru sehari setelah kejadian, ia minta maaf kepada Chris Rock. 

"Aku ingin meminta maaf di depan publik kepadamu, Chris. Aku kelewat batas, dan aku salah. Aku malu dan tindakanku bukanlah cerminan dari sosok pria yang kuinginkan. Tak ada tempat untuk kekerasan di dunia yang penuh cinta dan kebaikan," tulis ayah Jaden Smith dalam sebuah unggahan diakun Instagram-nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.