Sukses

Farhat Abbas Bongkar Riwayat Kasus Olivia Nathania, dari Penipuan Berlian hingga Visa Palsu ke Amerika

Mantan suami Nia Daniaty, Farhat Abbas, menguliti riwayat kejahatan Olivia Nathania. Sebagian kasus berakhir damai, tak sampai dibawa ke muka hakim.

Liputan6.com, Jakarta Hampir bersamaan dengan terbitnya vonis 3 tahun penjara dari Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk Olivia Nathania alias Oi, video wawancara Farhat Abbas beredar di jagat maya.

Mantan suami Nia Daniaty menyebut kasus penipuan berkedok penerimaan CPNS ini sebagai apes yang berulang. Tak layak disebut cobaan karena sejatinya tindak kejahatan ini bisa dicegah.

“Jadi ini merupakan tamparan dan pembelajaran buat Nia Daniaty karena ini bukan lagi: cobaan berat buat saya. Ini bukan cobaan. Ini adalah sesuatu yang tidak boleh terjadi dan tidak perlu terjadi,” kata Farhat Abbas.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mendapat Hukuman

Melansir dari video interviu di kanal YouTube Uya Kuya TV, Senin (28/3/2022), Farhat Abbas kemudian membeberkan riwayat kejahatan yang pernah melekat pada Olivia Nathania.

“Yang mendapat hukuman baru kali ini. Tapi, selama ini kan hanya laporan dan berita-berita. Pernah dianggap memalsukan visa. Kemudian, ada penggelapan dan penipuan berlian. Korbannya, hampir 1,4 miliar (rupiah), dulu,” ujar Farhat Abbas.

3 dari 5 halaman

Kita Tutup

Kasus penggelapan dan penipuan berlian ini sempat heboh sekitar tahun 2012. Kala itu, Farhat Abbas yang masih jadi suami Nia Daniaty bergerak cepat menyelamatkan sang anak tiri.

“(Kasus tidak diproses) karena kita tutup. Berlian yang di Melawai itu kita bayar, kemudian kita serahkan kepada orang yang punya. Kita anggap, waktu itu saya pengacaranya, saya anggap itu tidak pernah terjadi penipuan dan penggelapan karena kita tutupi,” urainya.

4 dari 5 halaman

Sekelompok Pengusaha Katering

Yang tak kalah memalukan, masih menurut Farhat Abbas, perkara katering yang dipesan pihak Olivia Nathania tapi tak dibayar. Ia tak menyebut kapan insiden memalukan ini terjadi.

“Pernah ada sekelompok pengusaha katering yang dipesan, tapi enggak dibayar. Kemudian ada PH yang dijual kameranya. Terus, usaha bisnis pakaian. Dan yang lainnya saya kurang hafal, tapi yang jelas ada kaitan di situ,” urai Farhat Abbas. 

5 dari 5 halaman

Yang Dilaporkan...

“Yang dilaporkan itu cuma yang Visa. Konser ke Amerika Nia Daniaty, diurus untuk tur dan travelnya tuh, dengan pengurusan Visa di sana. Orangnya enggak bisa berangkat karena visanya tidak terdaftar. Akhirnya, kalau enggak salah uangnya dikembalikan,” paparnya.

Farhat Abbas tak mengikuti detail kasus tersebut karena telah cerai dari Nia Daniaty. “Karena saya sudah bercerai waktu itu, jadi katanya, orangnya mau (damai) asal uangnya kembali,” pungkas Farhat Abbas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.