Sukses

Bukan Rp 1 Miliar, Reza Arap Kembalikan Uang Doni Salmanan Rp 950 Juta

Reza Arap telah mengembalikan uang donasi pemberian Doni Salmanan saat bermain game yang disiarkan langsung di YouTube.

Liputan6.com, Jakarta - Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Kombes Reinhard Hutagaol memastikan YouTuber sekaligus personel Weird Genius, Reza Arap, sudah mengembalikan uang yang diberikan Doni Salmanan. Proses pengembalian uang tersebut, kata Reinhard, berlangsung pada 28 Maret 2022.

Semula, Reinhard menuturkan, Reza Arap menerima uang senilai Rp 1 miliar dari Crazy Rich Bandung itu kala bermain game yang disiarkan secara langsung di YouTube. Namun, dalam proses pengembalian uang ke polisi, Reza Arap hanya menyetorkan uang senilai Rp 950 juta.

"Sudah dibayar," kata Reinhard kepada pewarta di kantornya, Senin, 28 Maret 2022.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selisih Uang

Reinhard menjelaskan selisih uang yang dikembalikan Reza Arap senilai Rp 950 juta ke polisi meski awalnya menerima Rp 1 miliar dari Doni Salmanan. Menurut dia, itu karena adanya potongan biaya platform.

"Dari platform Social Buzz dipotong 5 persen. Jadi murni Reza Arap terima 950 juta rupiah," jelas dia.

 

3 dari 5 halaman

Diserahkan Kuasa Hukum

Adapun penyerahan uang tersebut kepada penyidik tidak secara langsung dilakukan oleh Reza Arap, namun lewat kuasa hukumnya.

"Yang datang lawyer-nya, Irfan Fauzi dan Sanusi," Reinhard menandaskan.

 

4 dari 5 halaman

Donasi Online

Seperti diberitakan sebelumnya, Reza Arap sempat menerima donasi sebesar Rp 1 miliar dari Doni Salmanan. Donasi itu diraih dalam acara donasi online di YouTube yang bertajuk "Donation War" ketika ia bermain gim online Ragnarok.

 

5 dari 5 halaman

Videocall

Umumnya, para peserta donasi memberikan nominal donasi yang moderat, namun muncul Doni Salmanan yang berdonasi hingga Rp 100 juta. "Bro, make it one billion," ujar Reza ketika donasi sudah mencapai setengah miliar. Ternyata, permintaan itu disanggupi Doni Salmanan.

Ketika donasi mulai tembus Rp 1 miliar, Reza Arap lantas memutuskan untuk melakukan video call kepada pria berjuluk Crazy Rich Bandung itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.