Troy Kotsur Jadi Aktor Tuli Pertama yang Menang di Piala Oscar, Hadirin Beri Penghormatan dengan Bahasa Isyarat

Oleh Ratnaning Asih pada 28 Mar 2022, 09:40 WIB
Diperbarui 28 Mar 2022, 11:50 WIB
Troy Kotsur dalam Piala Oscar 2022. (AP Photo/Chris Pizzello)
Perbesar
Dalam Piala Oscar 2022, Troy Kotsur menjadi pria tuli pertama yang memenangkan Academy Awards di bidang akting. (AP Photo/Chris Pizzello)

Liputan6.com, Los Angeles - Troy Kotsur mencetak sejarah dalam perhelatan Piala Oscar 2022. Ia menjadi pria tuli pertama yang memenangkan Academy Awards di bidang akting, diwartakan ABS News, Senin (28/3/2022). Lawan mainnya di CODA, Marlee Matlin, adalah aktris tuli pertama yang menang di Piala Oscar pada 1987. 

Ia menang dalam kategori Aktor Pendukung Terbaik, menyisihkan Kodi Smit-McPhee (The Power of the Dog), Ciaran Hinds (Belfast), Jesse Plemons (The Power of the Dog), dan J.K. Simmons (Being the Ricardos).

Kemenangan sang aktor disampaikan oleh peraih Oscar tahun lalu, aktris Korea Selatan Youn Yuh Jung, di panggung yang didirikan di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat.

Sebagai penghormatan untuk Troy Kotsur, para hadirin memberi respek kepada sang aktor bukan lewat tepuk tangan. Melainkan bahasa isyarat berupa kedua telapak tangan yang dibuka dan dinaikkan setinggi wajah, lalu digoyangkan.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ucapan Terima Kasih

Troy Kotsur dalam Piala Oscar 2022. (AP Photo/Chris Pizzello)
Perbesar
Troy Kotsur dalam Piala Oscar 2022. (AP Photo/Chris Pizzello)

"Sangat hebat sekali, bisa di sini, dalam perjalanan ini. Aku tak percaya aku bisa ada di sini. Terima kasih banyak kepada semua anggota Academy yang memberi pengakuan atas performaku," tutur Troy Kotsur dalam bahasa isyarat, yang diucapkan secara lisan oleh penerjemah. 


Diterima Global

Troy Kotsur dalam Piala Oscar 2022. (Jordan Strauss/Invision/AP)
Perbesar
Troy Kotsur dalam Piala Oscar 2022. (Jordan Strauss/Invision/AP)

Troy Kotsur juga mengaku sangat terharu melihat CODA diterima secara global, bahkan membuatnya diundang ke Gedung Putih dan bertemu Presiden AS Joe Biden. 

"Aku ingin mengajari mereka kata-kata kotor dalam bahasa isyarat," tuturnya sambil bercanda, dan menambahkan niatnya ini batal jadi kenyataan. 


Untuk Ayah

Suasana menjadi haru saat Troy Kotsur menyebut kisah sang ayah, yang mengalami kecelakaan hingga lumpuh dari leher ke bawah. Karena kecelakaan ini, sang ayah tak bisa lagi melakukan bahasa isyarat. 

Ia melanjutkan, "Ayah, aku belajar banyak darimu. Aku selalu mencintaimu. Kamu adalah pahlawanku."

 


Dedikasikan Kemenangan

Tak lupa, ia juga berterima kasih kepada teater yang memberikan kesempatan untuk menajamkan tajinya sebagai aktor. "Kemenangan ini didedikasikan untuk komunitas tuli, CODA, dan komunitas disabilitas," tutur Troy Kotsur.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya