Sukses

Adegan Ciuman Sesama Jenis di Film Animasi Lightyear Batal Dihapus

Adegan di Lightyear ini batal dihapus setelah menghangatnya pro-kontra yang menimpa Disney.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pekan belakangan, The Walt Disney Company tengah menjadi sorotan oleh karyawan sendiri. Gara-garanya, adalah respons perusahaan terhadap peraturan Edukasi dan Hak Orangtua yang berlaku di Florida, Amerika Serikat. Peraturan yang kerap dijuluki sebagai "Don't Say Gay Bill" ini, mengatur soal pembatasan bahan ajar terkait orientasi seksual atau identitas gender dari TK hingga kelas 3 SD, diwartakan ABC. 

Karyawan Disney beberapa kali melakukan walk out dan protes, termasuk yang terjadi pada Selasa (22/3/2022) kemarin. Kondisi di anak perusahaan Disney juga jadi sorotan, salah satunya adalah Pixar Animation Studios.

Dilansir dari Variety baru-baru ini, pada 9 Maret lalu sejumalah karyawan dan pendukung LGBTQ di Pixar Animation menuding bahwa eksekutif Disney secara aktif menyensor aspek "perlakuan kasih sayang antara sesama jenis" dalam film-film panjang mereka. Padahal tim dan petinggi Pixar sama-sama tak setuju dengan keputusan ini, diwartakan Hollywood Reporter.

Pernyataan ini memang tidak mengungkap judul film yang dimaksud secara signifikan. Namun dikabarkan bahwa Lightyear termasuk salah satu yang terkena imbasnya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Karakter Hawthorne

Sumber dalam yang dihubungi Variety menyebutkan bahwa dalam fim yang melibatkan Chris Evans tersebut, dihadirkan karakter perempuan bernama Hawthorne (diisi suaranya oleh Uzo Aduba).

Ia diceritakan menjalin hubungan dengan perempuan lain, dan ciuman mereka dihapus dari filmnya.

3 dari 5 halaman

Dihapus

Hal ini juga dikonfirmasi oleh The Hollywood Reporter. Disebutkan bahwa tak hanya adegan kecupan, dalam proses kreatifnya, pembicaraan mengenai hubungan karakter ini juga dihapus.

Namun, peran karakter tersebut masih diposisikan sama penting seperti sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Dikembalikan

Setelah pro-kontra yang menimpa Disney, ada perubahan signifikan terhadap nasib adegan tersebut. Bagian ciuman dikembalikan seperti semula.

Langkah ini diambil sekitar dua pekan lalu.

5 dari 5 halaman

Lightyear

Lightyear sendiri, disebut-sebut akan mengisahkan asal usul inspirasi dari karakter Toy Story, Buzz Lightyear. Selain Chris Evans, film yang disutradarai Angus McLane ini juga didukung oleh Taika Waititi, Keke Palmer, Peter Sohn dan Hames Brolin. 

Lightyear akan dirilis di Amerika Serikat 17 Juni mendatang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.