Sukses

6 Hit Karya Diane Warren, Peraih 13 Nominasi Oscar Lagu Tema Film Terbaik dan Belum Pernah Menang

Sang maestro Diane Warren dinominasikan lagi di Oscar 2022 untuk Lagu Tema Film Terbaik. Ini nominasi ke-13 dan ia belum pernah menang sama sekali.

Liputan6.com, Jakarta Nominasi Oscar 2022 diwarnai sejumlah fakta menarik. Salah satunya, Diane Warren yang dinominasikan kali ke-13 lewat lagu “Somehow You Do” soundtrack film Four Good Days.

Diane Warren musisi pertama dalam sejarah sinema yang meraih 13 nominasi dan belum pernah menang Piala Oscar. Padahal, ia telah melahirkan banyak hit dalam 30 tahun terakhir.

Lagunya dinyanyikan Celine Dion hingga grup music rok Aerosmith. Jelang malam puncak Piala Oscar 2022, laporan khas Showbiz Liputan6.com merangkum 6 hit Diane Warren.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Nothing’s Gonna Stop Us Now (Starship)

Sountrack: Mannequin, 1987

Mannequin dicibir kritikus. Naskahnya dianggap tak punya gereget plus premis menggelikan. Reputasi film ini diselamatkan soundtrack-nya, yang digarap Diane Warren bersama Albert Hammond. Dilantun grup musik rok Starchip, “Nothing's Gonna Stop Us Now” sukses besar.

“Nothing's Gonna Stop Us Now” adalah karya pertama Diane Warren yang memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100. Lagu ini dinominasikan di ajang Golden Globe Awards, Grammy Awards, dan mengantar sang musisi meraih nominasi Oscar pertama. Wow!

 

3 dari 7 halaman

2. Because You Loved Me (Celine Dion)

Soundtrack: Up-Close and Personal, 1996

Pertemuan George Clooney dan Michelle Pfieffer dalam Up Close and Personal jelas bukan momen generik yang muncul di layar lebar tiap tahun. Filmnya terasa manis berkat chemistry legit dua bintang dengan reputasi nomor wahid.

Karya Jon Avnet ini jadi mewah berkat “Because You Loved Me” karya Diane Warren. Lagu ini meraih nominasi di Golden Globe Awards, Oscars, plus piala dari Grammy Awards. Waktu menguji keabadian lagu ini. Konser Celine tidak sah tanpa “Because You Loved Me.”

4 dari 7 halaman

3. How Do I Live (LeAnn Rimes dan Trisha Yearwood)

Soundtrack: Con Air, 1997

Con Air membukukan pendapatan kotor 224 juta dolar AS. Film ini beroleh dua nominasi Oscar untuk Tata Suara dan Lagu Tema Terbaik, “How Do I Live” karya Diane Warren. Ada dua versi “How Do I Live.” Di film, dibawakan Trisha Yearwood.

Versi lain, dilantun LeAnn Rimes dan menduduki posisi runner-up Billboard Hot 100. Abaikan fakta “How Do I Live” dapat nominasi Soundtrack Terburuk Razzie Awards. Lagu ini berada di 5 besar Billboard Hot 100 selama 25 minggu dan bertahan di chart ini selama 69 pekan!

5 dari 7 halaman

4. I Don't Want To Miss A Thing (Aerosmith)

Soundtrack: Armageddon, 1998

Aerosmith selamanya berutang budi pada Diane Warren. Pasalnya, “I Don’t Want To Miss A Thing,” semestinya direkam Celine Dion sebelum jatuh ke tangan Steven Tyler dan kawan-kawan sebagai lagu tema film box office Armageddon.

“I Don’t Want To Miss A Thing” satu-satunya lagu Aerosmith yang memuncaki Billboard Hot 100. Bertahan di puncak selama 4 minggu, balada berkekuatan super ini diganjar nominasi Grammy Awards dan Oscar. Tembang Aerosmith tak pernah sedahsyat ini.

 

6 dari 7 halaman

5. There You'll Be (Faith Hill)

Soundtrack: Pearl Harbor, 2001

“There You’ll Be” yang jadi soundtrack film Pearl Harbor digambarkan sebagai lagu dengan awal sendu. Ia menjelma “catwalk” bagi vokal Faith Hill yang luwes dengan tembakan nada setinggi langit sebagai klimaksnya. Karya Diane Warren ini dibanjiri pujian pengamat musik.

Ini berbanding terbalik dengan filmnya yang dicibir kritikus. “There’ You’ll Be” dengan mudah menembus 10 besar Billboard Hot 100 dan menjadi lagu wajib putar di radio pada tahunnya. Megahit ini diganjar nominasi Oscar dan Grammy Award.

7 dari 7 halaman

6. Til It Happens to You (Lady Gaga)

Soundtrack: The Hunting Ground, 2015

The Hunting Ground adalah dokumenter yang mengusung kejahatan seksual pemerkosaan di sejumlah kampus. Digarap dengan penuh empati plus visi yang jelas untuk para penyintas, film ini diperkuat soundtrack powerful bertajuk “Til It Happens To You.”

Tembang ini makin menyengat kala dilantun Lady Gaga yang notabene penyintas. “Til It Happens To You” bukan lagi soal teknik vokal, melainkan rasa dan jiwa yang dalam. Performa Lady Gaga di Oscar 2016 disambut standing ovation hadirin. Bikin merinding.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.